oleh

Satu TPS Satu Saksi Parpol

EMPAT LAWANG – 4.500 saksi Partai Politik (Parpol) akan ditempatkan setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Para saksi ini akan dilatih oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Empat Lawang.

“Pelatihan para saksi itu akan kita mulai pada 15 Maret sampai dengan 10 April 2019,” ungkap Ketua Bawaslu Kabupaten Empat Lawang, Rudi Yanto kepada wartawan, kemarin.

Dijelaskan Rudi, setiap Parpol di Kabupaten Empat Lawang wajib memiliki satu saksi di tiap-tiap TPS.

“Setiap Parpol wajib memberikan satu saksi, yang akan ditugaskan di masing-masing TPS,” jelasnya.

Namun lanjut Rudi, boleh saja di masing-masing Parpol mengamanatkan dua saksi. Tapi lebih efisien dan diwajibkan yang sesuai dengan Undang-Undang (UU) hanya satu saksi di masing-masing Parpol.

“Boleh saja setiap Parpol mengamanatkan dua saksi, tapi lebih efisien dan diwajibkan sesuai dengan UU itu hanya satu saksi di masing-masing Parpol,” jelasnya.

Terkait pola instruksi dan strategi dari pelatihan saksi nantinya, sambung Rudi, Bawaslu masih menunggu Petunjuk Teknis (Juknis) dari pusat, dan akan sesegera mungkin melakukan perekrutan serta melatih setiap saksi di Kabupaten Empat Lawang.

“Dari jumlah keseluruhan saksi di masing-masing partai politik tersebut, akan dilatih di setiap kecamatan. Mengingat jumlah saksi yang mencapai ribuan, tidak akan mungkin, untuk melatihnya sekali lewat saja,” jelasnya. (ism)

Rekomendasi Berita