oleh

Satu Pasangan Independen Daftar ke KPU Rejang Lebong

LINGGAUPOS.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong (RL) Minggu (23/2/2020) menerima kedatangan pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati RL Syamsul Efendi – Hendra Wahyudiansyah (SaHe) sekitar pukul 18.00 WIB. SaHe datang berbekal dukungan KTP sebanyak 26.976 lembar yang tersebar di 156 desa/kelurahan dan 15 kecamatan di RL. Sedangkan jumlah dukungan minimal bagi bakal calon perseorangan adalah 20.334 dukungan.

Menurut Syamsul kendati sudah menyerahkan dukungan bakal calon perseorangan berupa KTP namun tidak menutup pintu untuk partai politik. “Alhamdulillah berkat dukungan masyarakat RL hari ini kami menyerahkan berkas dukungan calon perseorangan. Jumlahnya 26.976 dukungan. Namun kami tidak menutup pintu bagi partai politik yang akan mendukung kami,” ungkap Syamsul.

Karena hingga saat ini komunikasi dengan partai politik masih terjalin dengan sangat baik, bahkan salah satu diantaranya yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga sudah ikut mengantarkan keduanya saat menyerahkan berkas dukungan ke KPU RL.

“Hari ini ada pengurus DPD PKS RL yang ikut mengantarkan kami kesini, mudah-mudahan setelah ini masih ada partai-partai lain yang juga berada di barisan kami. Dari berkas yang kami serahkan hari ini kami juga optimis hanya memiliki margin eror yang sedikit karena sudah melalui banyak tahapan sortir di internal kami. Tapi sekarang kita ikuti tahapan yang ada disini, mudah-mudahan hasilnya sesuai dengan yang kita harapkan,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPD PKS Kabupaten RL Ahmad Heryanto menegaskan bahwa partainya sudah melakukan penjaringan terhadap seluruh bakal calon yang mendaftar di PKS. Hingga kemudian DPP PKS meminta tiga bakal pasangan calon / calon yang mendaftarkan diri di PKS untuk direkomendasikan ke DPP. Hingga kemudian muncul pasangan calon Syamsul Efendi – Hendra Wahyudiansyah, kemudian pasangan Hj Susilawati – Ruswan dan bakal calon bupati Fatrolazi.

“Dari ketiga nama pasangan calon atau calon yang belum berpasangan itu partai sepakat mendukung pasangan calon bupati dan wakil bupati yakni Syamsul – Hendra ini. Keputusan ini sudah final, bukti tertulisnya tinggal menunggu dalam satu dua hari ini karena sekarang Ketua DPW PKS Bengkulu sedang mengikuti kegiatan yang diadakan oleh Fraksi PKS di DPR RI,” kata Ahmad.

Bahkan menurutnya, dalam aturan main PKS ketika dukungan sudah keluar maka mereka akan mendukung habis-habisan untuk memenangkan pasangan tersebut bersama seluruh kadernya. “Jelas ini bukan keputusan saya sendiri dan oleh sebab itu kami bersama seluruh kader PKS juga akan bergerak bersama,” tukasnya.

Disisi lain, Ketua KPU RL Restu Wibowo mengatakan, usai berkas dari bakal pasangan calon ini diterima pihaknya langsung melakukan pengecekan sebaran dukungan. “Kita melakukan pengecekan dukungan dulu. Nanti baru bisa kita ketahui memenuhi syarat atau tidak,” kata Restu.

Pasangan SaHe merupakan satu-satunya pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati dari jalur independen di Kabupaten Rejang Lebong. (*)

Sumber: Musirawas Ekspres

Rekomendasi Berita