oleh

Satu Desa Minimal Satu Pojok Baca

MUSI RAWAS – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Musi Rawas (Mura) 2019 targetkan satu desa satu pojok baca. Hal disampaikan Kepala DPK Mura, Supriyadi melalui Kasubag Perencanaan Keuangan dan Aset, Yohanita kepada koran ini, Rabu (23/1).

Semua itu dilakukan bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat di desa. Sesuai dengan program kerja Bunda Baca Kabupaten Mura, dr Hj Noviar Marlina Gunawan.

Jadi dari 186 desa dan 13 kelurahan yang tersebar di 14 kecamatan di “Bumi Lan Serasan Sekantenan”, harus memiliki pojok baca di masing-masing desa dan kelurahan.

Terkhususnya bagi desa yang belum memiliki perpustakaan desa (Perpusdes). Ini untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat dalam membaca, walaupun belum memiliki perpustakaan desa.

“Pojok baca tidak harus memiliki rak maupun jumlah buku yang baca. Namun pojok baca melainkan tempat nyaman dan dapat diisi dengan koran, majalah maupun lainnya,” kata Yohanita.

Menurutnya, dengan dilakukannya semua itu diharapkan anak-anak dan masyarakat memiliki inovasi baru.

“Program maupun gerakan satu desa satu pojok baca ini digagas dan dikampanyekan oleh Bunda Baca Kabupaten dr Hj Noviar Marlina Gunawan di 2019 ini,” imbaunya. (dlt)

Rekomendasi Berita