oleh

Sat Pol PP Muratara Pasang Baliho “Hewan Ternak Wajib Dikandang”

LINGGAU POS ONLINE- Terapkan Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tentang Hewan Ternak, Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) pasang Baliho. Baliho yang dipasang, bertuliskan hewan ternak wajib dikandang.

Baliho mulai dipasang di beberapa ruas Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) wilayah Kabupaten Muratara, Kamis (17/10).

Kasat Pol PP Kabupaten Muratara, Firdaus menyampaikan pemasangan baliho dilakukan menindaklanjuti Perda Nomor 11 Tahun 2017 tentang Penertiban Hewan Ternak Berkaki Empat.

Dikatakan Firdaus, kegiatan penerapan Perda Nomor 11 Tahun 2017 dilakukan secara bertahap, setelah sebelumnya dilaksanakan kegiatan sosialisi, lalu ditindaklanjuti dengan pemasangan baliho.

“Hari ini (kemarin) tiga baliho sudah kita pasang. Pertama di Kecamatan Karang Jaya, Kedua di Desa Maur dan pusat ibu kota Muratara Kelurahan Muara Rupit,” ungkap Firdaus.

Selain pemasangan baliho, penerapan Perda Nomor 11 Tahun 2017 juga dilakukan dengan memberikan sosialisasi secara langsung kepada pemilik hewan ternak kaki empat.

Jika semua upaya telah dilakukan, masih terdapat pemilik hewan ternak yang ‘bandel’ dengan membiarkan peliharaannya berkeliaran hingga mengganggu ketertiban umum, maka akan dilakukan penindakan.

“Bertahap akan dilakukan, bila masih ada yang tindak mengindahkan maka akan kita berikan sanksi bagi pelanggar perda,” tegasnya.

Ia mengharapkan, jangan sampai ada yang sampai dikenakan sanksi.

“Demi kepentingan kita bersama mari jaga ternak kita, jangan sampai mengganggu ketertiban umum, terutama lajunya jalan lalu lintas, peternak harus lebih dewasa imbauan harap dipatuhi,” imbuhnya.

Laporan Fahmilan Jadidi

Rekomendasi Berita