oleh

Sat Pol PP Amankan Orgil

LUBUKLINGGAU – Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kota Lubuklinggau mengamankan Orang Gila (Orgil) yang meresahkan, tepatnya di Kelurahan Lubuklinggau Ulu, Kecamatan Lubuklinggau Barat II.

Orgil jenis kelamin laki-laki ini berusia 35 tahun, dipastikan bukan warga asli Kota Lubuklinggau.

“Kami menerima laporan dari warga dan Lurah setempat, makanya tadi kami amankan dan langsung ditempatkan di Klinik Asyifa. Kalau dari logatnya bukan dari Kota Lubuklinggau,” kata Kabid Tibum dan Operasional Sat Pol PP Kota Lubuklinggau, A Gumanti kepada wartawan, Kamis (7/2).

Menurut A Gumanti, untuk tahun 2019 Sat Pol PP Kota Lubuklinggau memang belum melakukan penertiban Orgil, anak jalanan, gelandangan maupun pengemis. Beberapa hari lalu baru menertibkan pelajar yang bolos ke Warung Internet (Warnet).

Diakui A Gumanti, keberadaan Orgil di Kota Lubuklinggau saat ini masih banyak berkeliaran di jalan protokol.

“Selain laporan, kami juga pantauan ke jalan-jalan tapi memang belum ditertibkan,” tegas Gumanti.

Gumanti meminta Ketua RT, lurah dan camat untuk aktif berkoordinasi dan menginformasikan ke Sat Pol PP jika ada aktivitas yang meresahkan, dan dinilai melanggar Peraturan Daerah (Perda).

Sekda Kota Lubuklinggau, H Rahman Sani mengakui baik Anjal, Gepeng dan Orgil sebagian besar berasal dari luar kota atau datangan.

“Mayoritas datangan dari daerah lain, makanya kita titipkan ke Asyifa, kalau warga Lubuklinggau kita kembalikan ke keluarga,” ungkap Rahman Sani.(nia)

Rekomendasi Berita