oleh

Sarat Kegiatan Edukatif

LUBUKLINGGAU – Tahap awal tahun ajaran 2019/2020 diisi dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Hal itu pula yang dilakukan SMPN 1 Lubuklinggau.

Kepala SMPN 1 Lubuklinggau, Yani Jinawar mengatakan, ada 385 siswa baru yang mengikuti MPLS. Pembukaan momen bersejarah itu ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Yani Jinawar usai upacara bendera, Senin (15/7).

Yani Jinawar menjelaskan, MPLS di SMPN 1 Lubuklinggau dilaksanakan sesuai dengan surat edaran yang diberikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Lubuklinggau.

“Untuk itu dalam pelaksanaan MPLS ini, kita menegaskan kepada semua guru dan siswa yang terlibat dalam kegiatan MPLS di SMPN 1 agar menghindari tindak kekerasan fisik maupun non fisik terhadap siswa baru. Selain itu kami juga tidak memperbolehkan melaksanakan kegiatan yang memberatkan ekonomi orang tua, jadi dalam kegiatan mpls ini anak-anak baru tidak membawa atribut yang macam-macam,”jelasnya.

Yani juga menjelaskan dalam kegiatan MPLS ini dirinya beserta guru melaksanakan kegiatan yang mendukung penguatan pendidikan karakter anak dengan pelaksanaan pemberian materi moral, materi wawasan kebangsaan, tata tertib sekolah, pendidikan karakter, etika dan lainnya.

“Selain itu kegiatan MPLS ini juga diselingi kegiatan edukatif dan pengurus OSIS hanya terlibat sebagai pendamping bukan pemberi materi, hanya guru yang boleh memberikan materi di kelas-kelas,”katanya.

Pada kesempatan ini, Yani berpesan kepada siswa siswi agar dapat mematuhi semua aturan sekolah dan semua materi yang diberikan pada kegiatan MPLS ini dapat menghasilkan peserta didik yang memiliki karakter kuat, dan pada akhirnya dapat membantu meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh siswa.

Adapun materi MPLS di SMPN 1 Lubuklinggau meliputi kepramukaan, perilaku hidup sehat, pendidikan karakter, pengenalan kurikulum 2013/literasi, cara belajar efektif, pengenalan lingkungan sekolah, pengenalan dampak TIK, Rool Play Ekstrakulikuler, kerja bakti dan lainnya. (rrf)

Rekomendasi Berita