oleh

Santri Mafaza Rutin Sholawatan

LUBUKLINGGAU – Sebelum memulai kegiatan Lomba Menulis Surat di Atas Koran untuk Gubernur Sumatera Selatan, santri Mafaza mengawalinya dengan membaca Surah Yasin dan Sholawatan bersama. Hal itu rutin dilakukan setiap Jumat.

Hal ini diungkapkan Kepala SMP-SMA Mafaza Lubuklinggau Yenti Anggraini kepada wartawati koran ini, Jumat (8/2).

“Iya, Baca surah Yasin dan sholawatan adalah kegiatan rutin kita setiap Jumat pagi, yang tidak hanya diikuti siswa siswi tapi juga seluruh guru dan staf sekolah. Ini dilakukan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para santri dan agar semakin senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT,” ungkapnya.

Selain itu, mewajibkan seluruh santrinya membaca Yasin setiap Jumat, juga sebagai bagian pendidikan karakter yang diterapkan kepada para siswa. Dan baca Yasin bersama-sama ini untuk memperdalam bacaan Alquran para santri. Sekaligus juga agar seluruh siswanya terbiasa membaca Alquran. Serta, kegiatan positif ini untuk membatasi anak-anak didiknya dari perilaku yang tidak baik.

Ponpes Mafaza Lubuklinggau yang berdiri pada tahun 2003 dan dipimpin KH Ferry Irawan, AM.S.PdI,MM saat ini memiliki jumlah santri SMP-SMA sebanyak 161 orang, dan juga terus berupaya agar melahirkan generasi-generasi yang cerdas, berprestasi, kreatif, inovatif, mandiri dan berakhlak mulia serta membanggakan kedua orang tua, guru dan lingkungan masyarakat.

“Serta kegiatan rutin lain untuk peningkatan ketaqwaan dan keimanan santri, beberapa program keseharian lainnya, diantaranya salat Tahajud, biasakan anak baca Al Quran setiap harinya setelah salat Dhuha yang dilaksanakan di setiap jam istirahat. Setiap Selasa hingga Kamis ada kegiatan apel tausyiah di setiap kelasnya. Dan untuk pembaharuan program salat Dhuha, saat ini kita adakan pemberian tausyiah kepada anak yang dilakukan secara bergantian setiap harinya,” jelasnya.

Dan saat ini, setiap perwakilan ekstrakulikuler juga diwajibkan agar semakin aktif dalam kegiatan pelatihannya untuk menghadapi beberapa event nantinya. Berikut ekstrakulikuler yang aktif di SMP-SMA Mafaza adalah silat, Paskibraka, pramuka, teater, voli dan Badminton.

“Tidak hanya kuat pada latihan saja, kami juga aktif mengadakan perlombaan di sekolah bahkan mengikuti kegiatan pertandingan di luar sekolah untuk mengasah bakat santri dan santriwati. Dan saya berharap Ponpes Mafaza benar-benar melahirkan santri-santri yang tidak hanya cerdas, tetapi juga berakhlak mulia dan selalu berpegang teguh pada Alquran dan Hadist,”harapnya Alumni Pasca Sarjana UIN Raden Patah Jurusan Manajemen Pendidikan Islam ini. (rrf)

Rekomendasi Berita