oleh

Santri Al Madani Dilatih Disiplin

KAYUARA – Memasuki tahun ajaran baru 2019/2020 para santri Pesantren Al Madani mulai datang ke pondok, Minggu (14/7). Para guru pun menyambut kedatangan mereka di halaman pesantren, Kelurahan Kayuara, Kecamatan Lubuklinggau Barat I.

Penyambutan santri dibuat dalam empat pos. Pertama, pos check in dan pengambilan surat perintah masuk kamar yang dijaga Ust Rian Nopri dan kedua anggotanya.

Pos kedua, pos penyetoran jurnal liburan dan surat jalan. Di pos ini, santri wajib membuat apa saja kegiatan yang dilakukan selama liburan dan dilaporkan dalam bentuk tulisan jurnal yang telah disediakan. Di pos ini dijaga Ustadzah Rochi Putra Yandena dan kedua anggotanya.

Sementara pos ketiga, pemeriksaan barang bawaan. Apabila santri kedapatan membawa rokok, korek, celana jeans dan pakaian yang tidak layak pakai, gambar maupun video porno, Senjata Tajam (Sajam), dan handphone semua akan dirampas.

Sedangkan pos empat, jadi tempat santri membayar SPP.

Penyambutan santri dilakukan sampai pukul 12.30 WIB apabila terlewat hari ini maka santri tersebut akan mendapat hukuman dengan membaca juz amma dan menghafal ayat-ayat doa pilihan, kecuali santri tersebut rumahnya jauh.

Pimpinan Pondok Pesantren Al Madani, Ustad Arpan didampingi Sekretaris Yayasan sekaligus Ketua Penyambutan Kedatangan Santriwan, Ust Rian Nopri mengatakan tujuan dari rangkaian pemeriksaan terhadap santri ini dilakukan untuk melatih santri disiplin dalam datang ke pondok dan menjalankan aturan-aturan karena salah satu dari visi dan misi Pondok Pesantren Al Madani yakni terwujudnya generasi Islam yang beriman, kokoh, berilmu luas dan beramal sejati.

Sesudah penyambutan santriwan dan satriwati, Senin (15/7) akan melakukan kuliah umum kepondokan baik santri yang lama maupun yang baru. Lalu Selasa (16/7) penyambutan kedatangan santri baru dan Rabu (17/7) akan dilakukan apel, sedangkan Kamis (18/7) adakan tes untuk santri baru tes kemampuan dengan baca Alquran, cara berwudhu, praktik salat, menulis Arab setelah itu akan diadakan Masa Taaruf Santri Madrasah (Mastama). (adi)

Rekomendasi Berita