oleh

Sampah Vaksin Covid-19 Langsung Dimusnahkan

LINGGAUPOS.CO.ID – Limbah sampah botol vaksin yang akan disuntikan di RSUD dan sepuluh puskesmas di kabupaten Empat Lawang akan dimusnahkan oleh pihak ketiga.

Hal tersebut dikatakan Kabid Kesmas (Kesejahteraan Masyarakat) Erni melalui staf Kesling Novi Efriani mengatakan pihaknya telah menjalin kerjasama dengan pihak kedua untuk mengangkut sisa limbah vaksinasi.

“Untuk masalah limbah vaksin kita sudah serahkan kepada pihak kedua, itukan dua hari jadi dua hari itu langsung diangkut,” kata Novi Efriani, Rabu (3/2/2021).

Nanti lanjutnya,pihak kedua akan mengangkut sampah sampah vaksin dan akan diserahkan kepihak ketiga untuk diolah kembali.

“Kita MoU dengan pihak kedua (PT KIS) nah disini pihak kedua kerjasama dengan pihak ketiga untuk pengelolaan limbah sampah vaksin,” jelasnya.

Masih dikatakan Novi dibawah naungan Dinkes itu satu RSUD dan 10 Puskesmas di Kabupaten Empat Lawang.

“Jadi di setiap puskemas dan RSUD ada personel dari pihak kedua untuk mengangkut limbah dan akan diolah oleh pihak ketiga,kemungkinan akan dimusnahkan karena kita tidak mempunyai alatnya maka kita menggunakan pihak kedua,” ucapnya.

Untuk pihak DLH sambungnya pihaknya sudah koordinasi untuk limbah sampah vaksin sebagai pengawasan.

“Kalau DLH itu sebagai pengawasan sampah vaksin,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Empat Lawang Irtansi,SE melalui Kabid Limbah B3 Sukarno mengatakan belum ada koordinasi dari pihak Dinkes untuk penanganan masalah limbah sampah vaksin.

“Pihak Dinkes belum ada koordinasi dengan kami baik tertulis secara resmi maupun lainnya, undangannya pun kami belum terima,” kata Sukarno. (*)

Rekomendasi Berita