oleh

Sampah Kotori Jalan Tebing-Pendopo

“…rancangan Perda-nya masih proses pengkajian di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Nanti kalau sudah selesai, akan segera kita ajukan ke DPRD untuk dibahas dan di sahkan…” Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Arta Ujang

LINGGAU POS ONLINE – Permasalahan sampah masih menjadi “Pekerjaan Rumah (PR)” besar bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang. Tidak hanya di Pasar Tebing Tinggi, kini tumpukan sampah ada di sepanjang jalan poros Tebing Tinggi-Pendopo.

Jalan poros tersebut dihiasi tumpukan sampah rumah tangga, yang didominasi berbagai jenis sampah plastik berwarna-warni.

Herman salah seorang warga sekitar mengatakan, sampah yang berserakan baik di jalan poros ataupun di jalan lingkar kabupaten itu sudah menjadi pemandangan sehari-hari bagi pengendara yang melintasi jalan tersebut.

“Kami warga tebing tidak heran lagi dengan pemandangan sampah ini,” ungkapnya.

Senada Kiki warga lainnya juga menyayangkan, hal tersebut yang terkesan dibiarkan. Padahal jalan poros itu selain menjadi perlintasan dari masyarakat, juga sering dilintasi pejabat-pejabat yang ada di “Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati”.

“Padahal selain pemukiman warga di sana banyak perkantoran dan sekolah bahkan rumah dinas Sekretaris Daerah (Sekda) berada di jalan poros,” ungkapnya.

Kepala Dinas Lingkungan hidup Empat Lawang, Munfazir melalui Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Arta Ujang mengatakan untuk Peraturan Daerah (Perda) tentang larangan buang sampah sembarangan masih dalam proses dan akan segera diterapkan.

“Sekarang Rancangan Perda-nya masih proses pengkajian di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Nanti kalau sudah selesai, akan segera kita ajukan ke DPRD untuk dibahas dan di sahkan,” jelasnya.

Saat penerapan Perda ini, pemerintah bisa memberikan sanksi bagi oknum nakal yang suka membuang sampah sembarangan.

“Kita usahakan sebelum pelantikan DPRD baru, Perda tersebut sudah di Sahkan. Kita berharap, ini menjadi solusi permasalahan sampah di Empat Lawang,” harapnya. (Key)

Rekomendasi Berita