oleh

Salurkan Alumni Kerja di Luar Negeri, SMK Yadika Gandeng PT HEC

LINGGAU POS ONLINE, LUBUK KUPANG – Upaya serius SMK Yadika untuk menyalurkan alumninya memasuki dunia kerja terus dilakukan. Salah satunya, kemarin (16/11) Kepala SMK Yadika Model Lubuklinggau, CH Ibramsyah melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Manajemen PT Hongaria Indonesia Eka Citra (HEC).

Kata CH Ibramsyah, kerjasama tersebut meliputi penyaluran, pemagangan siswa dan alumni, kelas industri, dan kelas pendampingan ke luar negeri.

Tak hanya itu, Development Director PT HEC Indonesia, Herman juga memberikan seminar terkait PT HEC.

Di hadapan ratusan peserta didik SMK Yadika, Herman menjelaskan bahwa PT HEC siap memberikan bimbingan selama tiga bulan, untuk mempersiapkan siswa-siswi SMK Yadika Lubuklinggau memasuki dunia kerja perhotelan.

“Di Hotel, tidak melulu yang dibutuhkan jurusan hotel. Alumni jurusan otomotif pun bisa disalurkan ke bagian engineering. Bahkan hotel juga butuh jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) juga Akuntansi,” jelasnya.

Untuk bisa mengikuti proses pemagangan di hotel melalui PT HEC, syaratnya ternyata cukup mudah.

“SDM yang kami persiapkan ini kelas hotel internasional. Sehingga yang mau mengikuti program pemagangan di hotel, khusus putri minimal memiliki tinggi 155 cm, sementara laki-laki tinggi minimal 160 cm. Usia minimal 18 tahun. Selain itu syarat administrasinya, ada paspor (student). Karena masih proses pemagangan,” jelasnya.

Mengenai masalah bahasa, Herman memastikan HEC akan memberikan training khusus. Untuk mematangkan kemampuan berbahasa Inggris siswa.

“Kalau magang di Hotel Malaysia, Bahasa Inggris tidak begitu diperhitungkan. Kecuali anak-anak mau magang di Abu Dhabi, Hongkong maupun Korea,” imbuhnya.

Jadi sekalipun kalian status di hotel itu magang, Herman memastikan siswa-siswi ini sudah mendapatkan uang saku. Minimal Rp 1,5 juta per bulan. Saat lembur pun tetap diberikan tambahan.

“Jadi system belajarnya begini, karena pemagangan di hotel ini minimal usianya 18 tahun, maka calon siswa yang akan magang akan di-training dulu oleh HEC. Biasanya dari kelas X sudah bisa ikut training. Selain di HEC, bisa juga di sekolah. Namun, kelas training ini minimal 30 orang per sekolah. Setelah itu, nanti usai lulus sekolah sudah siap magang di hotel baik Malaysia maupun di negeri lain. Proses magang di Malaysia ini maksimal 6 bulan, namun sudah pasti dapat uang saku,” jelasnya.

Kalau ada yang tertarik masuk kelas Industri, akan dilibatkan juga wawancara orang tuanya.
Setelah tuntas magang enam bulan, biasanya hotel akan menawari kontrak kerja. Maka student diminta kembali ke Indonesia dan membuat paspor kerja 2 tahun untuk kerja di Malaysia.

Jadi, imbuh Herman, HEC sangat konsentrasi untuk membantu alumni SMK agar mudah terserap dan mampu bersaing di pasar kerja.

Ia juga yakin, alumni SMK Yadika bisa menangkap peluang besar ini. Mengingat kompetensi yang diberikan di sekolah sudah cukup membekali mereka masuk dunia kerja. (05)

Komentar

Rekomendasi Berita