oleh

Salju Lebat Akibatkan Beberapa Bagian Eropa Lumpuh

JERMAN – Hujan salju lebat membawa kekacauan ke beberapa bagian Jerman dan Swedia pada hari Jumat, meninggalkan jalan yang terhalang, kereta berhenti dan sekolah ditutup.

Palang Merah membantu pengemudi terjebak di jalan tol di negara bagian Bavaria, Jerman selatan, dan seorang bocah lelaki berusia sembilan tahun terbunuh oleh pohon tumbang.

Sementara, bagian depan hotel Swiss dilanda longsoran salju dan badai musim dingin membuat jalan-jalan tidak bisa dilalui di Swedia dan Norwegia.

Tim penyelamat Austria harus berjuang melalui salju setinggi dada untuk mencapai papan seluncur salju. Tiang berusia 41 tahun itu tersesat setelah pergi piste di resor Schlossalmbahn.

Ada jeda di Austria pada hari Jumat, setelah tiga meter salju jatuh di beberapa bagian pada hari-hari sebelumnya. Tujuh orang telah tewas dalam seminggu terakhir dan dua pendaki telah hilang sejak Sabtu.

“Jumlah salju yang demikian di atas ketinggian 800 m hanya terjadi sekali setiap 30 hingga 100 tahun,” kata Alexander Radlherr dari Lembaga Pusat Meteorologi dan Geodinamika Austria, dilansir laman Daily Mail.

Militer Austria mengirim helikopter untuk meniup salju dari puncak pohon untuk mengurangi risiko pohon tumbang di jalan dan rel.

Di Swedia badai musim dingin menghancurkan sebagian wilayah utara. Satu daerah mencatat kecepatan angin 49,7m per detik (111mph) ketika Badai Jan menghancurkan Stekenjokk di dekat perbatasan Norwegia.

Di Norwegia utara, seorang pengemudi truk menggambarkan pada hari Jumat pagi bagaimana dia dan pengemudi lainnya terjebak di jalan gunung sejak pukul 17:00 (16:00 GMT) pada hari Kamis.

Magnar Nicolaisen mengatakan kepada penyiar publik NRK, bahwa ia telah tidur di gubuknya semalaman sementara yang lain harus tinggal di mobil mereka.

Kondisi pada hari Jumat sangat berbahaya di Bavaria, di mana penyiar lokal mengatakan hujan salju melumpuhkan kehidupan publik.

Layanan kereta api paling parah terjadi di selatan dan timur negara bagian itu dan jalan-jalan terputus oleh reruntuhan dan pohon-pohon tumbang.

Seorang bocah laki-laki berusia sembilan tahun tewas di dekat Munich ketika sebuah pohon tumbang di bawah salju yang tebal. Itu 40 menit sebelum dia ditemukan dan layanan darurat tidak dapat menghidupkannya kembali.

Dua bagian dari autobahn A8 besar ditutup di tenggara, ketika para pengemudi menghabiskan Kamis malam di tempat macet di dekat Rosenheim. Palang Merah Bavaria dan agen pemerintah datang untuk membantu para pengemudi.

Jalan-jalan di daerah Berchtesgaden dekat perbatasan Austria diblokir dan tentara mengirim 200 tentara untuk membantu ratusan orang terjebak di salju.

Ada let-up di cuaca pada hari Jumat jelang perkiraan salju lebih lanjut pada Sabtu malam. Namun, sekitar 90 penerbangan dibatalkan di Munich sementara beberapa penerbangan di Frankfurt juga terkena.

Di Swiss, longsoran salju menghantam sebuah restoran hotel, melukai tiga orang. Laporan lokal mengatakan, longsoran salju itu lebarnya 300 meter ketika turun ke Schwgalp.

Tim penyelamat menggeledah daerah itu pada hari Jumat jika ada orang di dekat Hotel Sntis terperangkap dalam longsoran salju. Mobil dibiarkan terkubur di salju dan bahkan bus dibiarkan terendam sebagian.

Seorang tamu di restoran hotel mengatakan bahwa awalnya dia mengira salju jatuh dari atap. “Ada suara besar, dan area belakang restoran dipenuhi salju,” kata tamu itu kepada Tagblatt. (der/fin)

Rekomendasi Berita