oleh

Salat Berjemaah Ditengah Pandemi Covid-19

LINGGAUPOS.CO.ID- Meski ditengah pademi Coronavirus Disease (Covid-19), masih banyak jemaah yang melaksanakan salat berjemaah di Masjid Agung Darussalam Kabupaten Musi Rawas (Mura), Selasa (28/4).

Masjid Agung yang jadi kebanggaan masyarakat “Bumi Lan Serasan Sekantenan” ini menerapkan social distancing dalam pelaksanaan ibadah salat dilakukan.

Berdasarkan pantauan Linggau Pos di lapangan, antusias para jemaah cukup tinggi untuk melaksanakan ibadah salat berjemaah di Masjid Agung Darussalam ini. Terlihat, sebelum masuknya waktu Salat Zuhur, sudah ada belasan jemaah yang berada di pelataran masjid yang berada di Kompleks Perkantoran Agropolitan Center ini. Jadi, ketika azan berkumandang, para jemaah tadi langsung mengambil air wudhu di lokasi yang sudah disediakan. Bersamaan dengan itu, datang juga belasan jemaah dari berbagai instansi yang ada di sekitar masjid untuk melaksanakan Salat Zuhur berjemaah.

Para jemaah, yang melaksanakan ibadah salat ini mayoritas memakai masker, dan ketika melaksanakan salat berjemaah menerapkan social distancing. Bahkan, ketika akan dimulainya salat Imam kembali mengingatkan para jemaah untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Bagi yang ada masker, silakan menggunakan masker. Luruskan dan jaga jarak,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Mura, M Nizar, yang menjadi imam pada pelaksanaan ibadah Salat Zuhur ini.

Setelah dilakukannya ibadah Salat Zuhur berjemaah ini, dilanjutkan dengan berdoa minta keselamatan dunia dan akhirat, serta minta ditunjukkan oleh Allah SWT ke jalan yang lurus dalam menjalani kehidupan di dunia yang fana ini.

Salah satu jemaah Salat Zuhur berjemaah ini, Bamawi mengatakan kalau salat berjamaah merupakan anjuran yang ditekankan oleh Rasulullah ketika melaksanakan salat lima waktu. Bahkan dalam Salat Jumat, wajib hukumnya dilakukan secara berjamaah.

“Kita serahkan kepada Allah SWT, yang pasti niat kita tulus untuk melaksanakan ibadah. Semoga, diselamatkan dari wabah Covid-19,” katanya.

Selain itu, berdasarkan pengamatan dirinya, karena hanya dibuka pada saat pelaksanaan ibadah salat wajib saja. Bisa di yakini kalau keadaan masjid Agung Darussalam aman, dari penyebaran wabah Covid-19. Karena, para jemaah mayoritas orang-orang yang bekerja diinstansi pemerintah yang ada di Kabupaten Mura, dan pelaksanaan ibadah salat dengan social distancing.
“Insya Allah aman,” jelasnya.(*)

Artikel ini sudah terbit di Harian Pagi Linggau Pos dengan judul”Salat Berjemaah Ditengah Pandemi Covid-19″

Rekomendasi Berita