oleh

Saka Wira Kartika Dilatih Tanggulangi Bencana

TUGUMULYO – Anggota Saka Wira Kartika dididik Krida Bencana Alam Koramil 406-06/Tugumulyo dan Kodim 0406/MLM untuk sigap menanggulangi bencana. Hal itu dikemas dalam Latihan Saka Wira Kartika di Bendung Kelingi, Desa D Tegalrejo, Kecamatan Tugumulyo Minggu (6/1).

Pembina Saka Wira Kartika, Serda Agus Wilianto menjelaskan, latihan kepramukaan Saka Wira Kartika dilakukan dua kali dalam kurun satu bulan.

“Tujuan latihan ini untuk pengenalan fokus penanggulangan bencana alam banjir. Jadi anggota Saka Wira Kartika dididik bagaimana pemasangan pelampung dan penyelamatan korban di sungai yang cukup deras. Dengan begitu, seluruh anggota Saka Wira siap mental dan fisik terjun langsung ke masyarakat ketika terjadi bencana banjir datang,” tutur Agus Wilianto.

Anggota Saka Wira Kartika yang aktif dari kepramukaan golongan Bantara, ada 50 peserta didik. Diundang dari SMAN 1, SMAN 4, SMAN 5, SMK 1 dan MAN 1 Lubuklinggau.

Menurutnya, Pendidikan Anggota Pramuka Saka Wira Karya menempuh fokus program lima krida dalam kurun waktu 1 tahun. Seperti Krida Penanggulangan Bencana Alam, Pioneers, Mountainering, Navigasi Darat, dan Survival.

“Pelaksanaan pelatihan dibagi dua. Pertama pelatihan di sekitar Kodim, dan kedua di sekitar koramil Kabupaten Tugumulyo,” katanya.

Dengan pelatihan Saka Wira Kartika, kata Serda Agus Wilianto akan meningkatkan kesadaran bela negara serta tetap menjaga keutuhan NKRI.(cw4)

Rekomendasi Berita