oleh

Sabhara Patroli Keliling

Sampaikan Pesan Kamtibmas

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Satuan Sabhara Polres Musi Rawas melaksanakan tugas preventif yaitu melaksanakan giat patroli rutin guna mencegah terjadinya tindak pidana di wilayah hukum Polres Musi Rawas.

Patroli adalah giat bergerak dinamis dari suatu tempat ke tempat tertentu agar mencegah terjadinya tindak kriminal, memberi rasa aman, pelindung dan pengayom kepada masyarakat bersifat multifungsi.

Kapolres Musi Rawas, AKBP Bayu Dewantoro melalui Kasat Sabhara, AKP M Harsono mengatakan bahwa pastinya sebelum anggota melaksanakan patroli tentunya diberikan arahan kepada anggota agar mengutamakan keselamatan pribadi.

“Serta saat ingin bergerak jangan sendiri-sendiri. Melainkan secara berkelompok agar mencegah terjadi hal negatif bagi para anggota,” kata M Harsono, Jumat (12/1).

AKP M Harsono menjelaskan, patroli untuk kali ini dimulai dari Mapolres Musi Rawas menuju ke arah Jalan Lintas Tugumulyo, Desa F Trikoyo, Kecamatan Tugumulyo. Saat melintasi di jalan tersebut berpapasan dengan sepeda motor yang mencurigakan.

Kemudian petugas memutar arah untuk menghentikan laju sepeda motor tersebut, kemudian pengendara diperiksa. Setelah diperiksa tidak ditemukan suatu tindak pidana.

“Namun walaupun tidak ditemukan tindak pidana, tetapi setidaknya untuk mencegah aksi kriminalitas sekaligus menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas,” jelas Kasat Sabhara.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, setelah dilakukan di Kecamatan Tugumulyo dilanjutkan ke arah Jalinsum, Kecamatan STL Ulu Terawas kemudian dilakukan hal yang sama.

Hanya saja kali ini bertemu dengan pelajar SMP yang baru pulang dari sekolah dan mengantar mereka sampai ke rumah, namun saat mengantarkan ke rumah pelajar diberi pesan-pesan Kamtibmas.

“Tentu saja agar para pelajar tidak terjerumus dengan tindak kriminalitas,” ucapnya.

AKP M Harsono menambahkan, sebenarnya ini semua dilakukan untuk memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat serta mencegah dan menangkal segala bentuk gangguan kamtibmas baik berupa kejahatan maupun pelanggaran serta gangguan ketertiban.

“Maka dari itu, dilakukan patroli keliling di wilayah hukum Polres Musi Rawas,” tutupnya.(16)

Komentar

Rekomendasi Berita