oleh

Saatnya Tokoh Lokal Tampil ke Nasional

Ketua PCNU Daftar Jadi Calon Anggota DPDRI

Ketua PCNU Kota Lubuklinggau DR KH Ahmad Mansur telah mendaftarkan diri untuk menjadi anggota DPD RI, Kamis (26/4). Ia juga sudah menyerahkan bukti dukungan (KTP-El) kepada KPU Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Laporan Sulis, Lubuklinggau

KETUA Pengurus Cabang Nadhlatul Ulama (PCNU) Kota Lubuklinggau, DR KH Ahmad Mansur telah memantapkan hati untuk mencalonkan diri menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI).

“Hari ini (26/4), kami mendaftarkan diri sekaligus menyerahkan bukti dukungan 3.000 lembar lebih KTP-El yang tersebar di 12 kabupaten/kota di Sumsel. jumlah dukungan tersebut sesuai ketentuan Pasal 183 Undang-Undang (UU) No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu),” terang KH Ahmad Mandur.

Pada pasal 183 tersebut, ia menjelaskan, salah satu persyaratan perseorangan calon anggota DPD untuk dapat menjadi peserta Pemilu harus memenuhi persyaratan dukungan sejumlah penduduk di masing-masing provinsi.

Sumsel, dengan jumlah penduduk yang termuat di dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) lebih dari 5.000.000 sampai 10.000.000 orang harus mendapat dukungan paling sedikit 3.000 pemilih.

“Dukungan calon juga harus dilengkapi cap jempol dan meterai. Dukungan itu kemudian dikelompokkan berdasarkan kecamatan dan kabupaten/kota. Jadi mohon doanya,” tutur KH Ahmad Mansur.

Tadi malam juga dukungan yang diserahkan Ahmad Mansur langsung diverifikasi oleh tim KPU Sumsel.

Ke depannya dirinya akan melakukan sosialisasi ke masyarakat dan mengenalkan diri kembali bahwa dirinya akan mencalonkan diri sebagai calon DPD RI.

Penyerahan bukti dukungan ke KPU Sumsel itu dilakukan pukul 16.30 WIB, kemarin.

“Saya urutan 15 dari lebih kurang 30 pendaftar. Lawan saya ini banyak incumbent. Seperti Bu Asmawati yang sudah tiga periode jadi anggota DPD RI, lalu Abdul Aziz sudah dua periode jadi anggota DPD RI dan siswa baru satu periode. Meski begitu, saya tetap optimis,” jelasnya.

Mendengar kabar tersebut, Ketua DPRD Kota Lubuklinggau H Rodi Wijaya mengaku mendukung penuh niatan DR KH Ahmad Mansur ini.

“Kami berharap, tokoh masyarakat Kota Lubuklinggau tampil ke tingkat Nasional. Dengan begitu, kita bisa menitipkan aspirasi rakyat Lubuklinggau, Musi Rawas dan Musi Rawas Utara (Muratara) kepada beliau, insya Allah,” kata Rodi Wijaya.

Rodi mengaku yakin dengan sosok DR KH Ahmad Mansur.

“Beliau itu selain lama bergelut dibidang pendidikan (Pesantren Al-Azhaar Lubuklinggau,red), juga mempunyai kapasitas yang baik sebagai orang nomor satu di organisasi Nahdlatul Ulama (NU). Bahkan, kini sekarang beliau Ketua Pengurus Cabang NU Lubuklinggau. Kita tahu, bagaimana majunya NU saat beliau memimpin,” kata Rodi.

Rodi menilai NU merupakan organisasi terbesar di Lubuklinggau, dan punya basis yang kuat.

“Dari sisi ketokohan, beliau sudah memenuhi kriteria. Kalau tokoh NU Lubuklinggau, Musi Rawas, Muratara dan Sumatera Selatan ini bergerak mendukung beliau, saya yakin cita-cita beliau untuk bisa berbuat lebih banyak untuk warga Sumsel bisa terwujud,” jelas Rodi penuh keyakinan.

Ia mengatakan, masyarakat Kota Lubuklinggau harus bangga dan memberi kepercayaan lebih pada sosok DR KH Ahmad Mansur. Sehingga, kata Rodi, ke depan Lubuklinggau, Musi Rawas dan Muratara ini punya kader di kancah Nasional.

“Manfaatnya, kalau ada tokoh kita di tingkat nasional, kita bisa menitipkan aspirasi masyarakat dengan beliau. Yang pasti, kami bangga dengan inovasi yang sudah beliau lakukan selama ini,” jelas Rodi lagi.(*)

Rekomendasi Berita