oleh

Rutin Setiap Pagi Salat Dhuha

LUBUKLINGGAU – Pembiasaan ibadah Shalat Dhuha dilakukan pendidik Raudhatul Athfal Insan Mulia. Lembaga pendidikan pra sekolah yang terletak di Jalan Kutilang Kelurahan Margamulya, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II ini membiasakan Salat Dhuha, agar tertanam pada jiwa anak budaya yang baik.

Kepala RA Insan Mulia Sudi Astutiningsih menjelaskan Salat Dhuha ini merupakan salah satu dari program unggulan RA Insan Mulia. Selain itu, ada juga mengaji iqra, praktek salat, tahfidz Alquran Juz 30, tahfidz doa sehari-hari, manasik haji, dan masih banyak lagi.

“Salat Dhuha rutin dilakukan setiap pagi, ini untuk melatih pembiasaan salat kepada anak-anak, dan melatih anak-anak agar tahu gerakan dan bacaan salat, sehingga mereka terbiasa, dan jika tidak di sekolah pun, mereka jadi terbiasa juga di rumah,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, pembiasaan Salat Dhuha mendapat respon baik dari anak-anak berupa semangat dan antusias anak-anak yang tinggi.

Menurutnya, pembiasaan ini memberi dampak positif terhadap diri anak yang dapat terlihat dari hafalan doa dan suratan serta gerakan-gerakan salat yang dikerjakan dengan baik oleh anak-anak.

“Selain di RA, hendaknya orang tua juga bisa meneruskan apa yang telah diajarkan di pra sekolah/sekolah untuk diteruskan di rumah. Karena untuk membentuk karakter anak muslim yang soleh dan solehah terbentuk dari keluarga dan lingkungan sekitarnya. Sehingga, mudah-mudahan nantinya ketika dewasa anak-anak ini benar-benar dapat menjalani hidup sesuai dengan tuntunan Alquran,” harapnya. (rrf)

Rekomendasi Berita