oleh

Rutin Donor Darah Lebih Menyehatkan

Rangkaian HUT Bhayangkara ke-73

Polres Empat Lawang menyelenggarakan donor darah di Mapolres Empat Lawang, Rabu (3/7). Apa sesungguhnya manfaat seorang yang mendonorkan darah?

Laporan Kayan Manggala, Empat Lawang

LINGGAU POS ONLINE – Tak hanya Anggota Polres Empat Lawang yang mengikuti kegiatan ini. Sejumlah pejabat seperti Kepala Dinas Pariwisata, Dishub, Kepala Dinas Pol PP, Kepala BNN dan masyarakat pun antusias mengikuti kegiatan ini. Dari kegiatan yang menggandeng PMI Kota Lubuklinggau ini, terkumpul 63 kantong darah.

Kapolres Empat Lawang, AKBP Eko Yudi Karyanto mengatakan donor darah ini diadakan dalam rangka HUT Bhayangkara ke-73.

Menurutnya, puncak HUT Bhayangkara ditetapkan Mabes Polri akan laksanakan 10 Juli secara serentak seluruh Indonesia. Untuk di Empat Lawang akan mengundang berbagai komunitas sebagai peserta.

Terpisah Idin, salah seorang warga yang menjadi peserta donor darah mengatakan dirinya memang sudah biasa mendonorkan darahnya karena dinilai baik untuk kesehatan.

“Selain kita bisa membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan darah, tubuh juga terasa lebih sehat dengan rutin ikut donor darah,” tuturnya.

Dari berbagai sumber yang dihimpun, melalui donor darah, kadar zat besi dalam tubuh dapat menjadi lebih stabil dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah. Bahkan, mereka yang melakukan donor darah 2 kali dalam satu tahun kadar besi dalam darah yang lebih stabil dan risiko kanker yang lebih rendah dibandingkan dengan kelompok yang tidak melakukan donor darah. (*)

Rekomendasi Berita