oleh

Rutan Tebing Tinggi Kelebihan Penghuni

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Penghuni rumah tahanan (Rutan) cabang Tebing Tinggi telah over kapasitas. Bahkan kelebihan penghuni rutan lebih dari 100 %.

Kepala Rutan Tebing Tinggi, Yudi Khairudin melalui Bagian Registrasi, Rismanto mengatakan bahwa jumlah penghuni rutan saat ini 188 orang sementara kapasitas rutan sendiri hanya 93 orang. Jadi penghuni rutan saat ini over kapasitas mencapai 100 % lebih.

“Dari 188 orang penghuni tadi, tahanan sebanyak 35 orang sedangkan narapidana 153 orang,” jelas Rismanto, Selasa (21/11).

Ia menyebutkan ada beberapa faktor menyebabkan rutan Tebing Tinggi membludak diantaranya yang tidak dapat dipungkiri yakni meningkatnya tingkat kriminalitas di ‘Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati’, kemudian pindahan dari Lapas Lahat karena gedung sedang dilakukan rehab. Sementara jumlah petugas masih sedikit dan jauh dari kata cukup.

“Bayangkan pindahan dari Lahat saja mencapai 18 orang namun tetap kita akomodir. Sementara jumlah petugas hanya ada penambahan tiga orang saja di tahun 2017 ini,” katanya.

Mengenai kondisi ini, kata Rismanto, pihaknya harus bekerja ekstra bahkan di saat hari libur dan tanggal merah pihaknya melibatkan bagian staf ikut menambah daftar jaga. Tidak hanya itu,  pihaknya juga mendapat bantuan personil polisi setiap hari mereka ramai berkunjung BKO di rutan.

“Alhamdulillah dengan kondisi yang seperti ini tidak juga ada kejadian,” imbuh Rismanto.

Lebih jauh Rismanto berharap adanya penambahan personil di rutan Tebing Tinggi, apalagi sekarang sudah ada penerimaan, diharapkan penempatan rutan Tebing Tinggi menjadi Prioritas.

“Paling tidak ada sekitar 20 petugas masuk ke sini nanti,” harapnya. (04)

Komentar

Rekomendasi Berita