oleh

Rutan Tebing Tinggi Dapat Tambahan Tiga Petugas

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Seiring meningkatkan pengamanan dan pelayanan untuk para narapidana harus menjalani masa hukuman di Rutan Cabang Tebing Tinggi. Hingga membuat para pejabat rutan melakukan penambahan jumlah anggota penjaga rutan.

Kepala Rutan Cabang Tebing Tinggi, Heri melalui Kasubsi Pelayanan dan Kenyamanan, Sukma Amri mengatakan sebelumnya jumlah anggota penjaga rutan ada 15 penjaga. Saat ini, pihak rutan sudah melakukan penambahan sebanyak tiga anggota yang di rekrut dari lapas Lahat sebanyak satu penjaga perempuan, Lapas Muara Beliti satu orang perempuan, dan Lapas Lubuklinggau satu orang laki-laki. Sehingga menjadi total 18 penjaga.

“Kita melakukan penambahan kuota sebanyak tiga orang, jadi jumlah total penjaga ada 18 orang,” ungkap Sukma, Rabu (8/11).

Sukma meneruskan penambahan kuota anggota yang beranggotakan penjaga perempuan tersebut dilakukan, untuk meningkatkan keamanan terhadap pengunjung perempuan yang akan datang membesuk. Sebab, pihak Lapas ingin mengantisipasi modus pengunjung yang bisa menyelundupkan narkoba atau senjata tajam dari pengunjung perempuan.

“Kalau anggotanya ada yang perempuan, jadi pengunjung perempuan yang datang membesuk bisa di geledah sesuai prosedur. Sehingga penyelundupan narkoba dan senjata tajam bisa kita antisipasi,” jelasnya.

Masih dikatakan Sukma, penambahan anggota perempuan tersebut juga dapat membantu meningkatkan pelayanan terhadap narapidana. Karena dua anggota penjaga perempuan tersebut memang sebelumnya berasal dari bidang ilmu kesehatan.

“Dua anggota perempuan yang di rekrut juga berasal dari bidang kesehatan. Jadi, kalau ada narapidana yang kesehatannya terganggu namun tidak terlalu parah, kita tidak perlu menghubungi dokter atau perawat. Karena, untuk sakit yang di kategorikan ringan bisa langsung kita tangani sendiri,” jelasnya.(04)

Komentar

Rekomendasi Berita