oleh

Rutan Over Kapasitas 210 %

EMPAT LAWANG – Apel Siaga Aktualisasi Tertib Pemasyarakatan bertajuk Musi Bergerak dilaksanakan serentak, Senin (17/12) di seluruh lembaga yang bernaung dibawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemenkumHAM). Termasuk di Rumah Tahanan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, Senin (17/12).

Kepala Cabang Rutan Tebing Tinggi, Yudhi Kahirudin melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan dan Pengelolaan, Sukma Amri mengatakan, apel siaga ini bukan seremonial saja. Akan tetapi upaya penguatan satuan tugas seperti Satgas Kamtib, P2UN, Satgas Waainternal.

“Dan Satgas P4GN, Satgas Saber Pungli yang berada di dalam Lapas, Rutan dan Cabang Rutan. Agar dapat menjalankan fungsinya secara berkesinambungan. Sehingga ke depan dapat mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban menjelang Natal tahun 2018 dan Tahun Baru 2019,” jelasnya.

Terutama, mencegah adanya peredaran narkoba dan dapat mewujudkan zero halinar di setiap Lapas, Rutan dan Cabang Rutan, di lingkungan KemenkumHAM Sumatera Selatan (Sumsel).

Dijelaskan Sukma Amri, saat ini jumlah warga binaan di Sumsel sebanyak 13.602 orang, sedangkan kapasitas hunian hanya 6.476 orang. Itu artinya over kapasitas 210 %.

“Dan akhir-akhir ini Lapas dan Rutan menjadi sorotan publik, karena dianggapnya rendahnya kinerja petugas pemasyarakatan,” jelasnya.

Usai apel siaga Musi Bergerak tersebut, ratusan barang sitaan milik warga binaan Rutan Tebing Tinggi dimusnahkan dengan cara dibakar.

“Barang yang kita musnahkan itu handphone 68 unit, 45 cas handphone, lima powerbank, kabel empat rol dan stop kontak ada lima rol,” ungkapnya. (cw2)

Rekomendasi Berita