oleh

Ruslan Produksi untuk Keperluan Pribadi

Manfaatkan Bahan Bekas Menjadi Produk Unik

Ruslan (60) warga Jalan KBS Kelurahan Air Kuti, Kecamatan Lubuklinggau Timur I ini mampu mengolah pipa bekas berbagai ukuran, menjadi produk unik dan menarik. Mulai dari kursi, meja, tempat jemuran, rak sepatu dan produk rumah tangga lainnya.

Laporan Daulat, Air Kuti

Ditemui di kediamannya, bapak tujuh orang anak ini mengaku sudah lama memiliki kemampuan ini. Bahkan semua hasil produksinya tersebut, dilakukan secara manual tanpa menggunakan peralatan mesin. Awal ia membuat kerajinan dari pipa bekas ini, setelah pensiun menjadi guru tahun 2013 lalu, di SMA Negeri 4 Lubuklinggau.

“Semua saya kerjakan dengan alat manual seperti pisau, sabit, parang, tang, dan palu,” jelas Ruslan.

Sayangnya, hingga saat ini kemampuannya tersebut belum ia manfaatkan untuk membuka usaha. Semua hasil produksinya, belum ada satu pun yang ia jual. Biasanya, hasil produksi hanya untuk keperluan sendiri. Produk-produk tersebut biasanya disimpan di dalam rumah, ada sebagian di berikan kepada anak-anaknya.

Ruslan menceritakan sudah satu tahun ini tidak ada kesibukan di rumah, untuk itu ia memanfaatkan barang bekas menjadi barang yang bisa dimanfaatkan dan berkualitas,

Diakunya bahan yang dibeli dan Alat yang disiapkan yaitu, Pipa Pvc (Schedule 40) diameter 1 ¼ inch 2 batang,T (tee) 1 ¼ 10 buah, Elbow (knee) 1 ¼ 4 buah, Lem pipa pvc 1 tube, Cap (kep) 1 ¼ (Penutup ujung pipa) 4 buah, Gergaji tangan besi, Meteran dan spidol untuk pengukuran.

“Pembuatan kursi dari pipa paralon tentu saja jauh lebih murah meriah dari pada beli kursi kayu ataupun kursi besi di toko furnitur,”tuturnya

Di akhir wawancaranya, Ruslan berharap ia akan segera bangkit dengan menghasilkan produk baru yang lebih berkualitas lagi. Beliau mengakui jika selama ini dirinya masih kurang dalam berinovasi dalam menciptakan produknya. Sehingga, dengan berinovasi dirinya yakin akan segera bangkit dan kembali menghasilkan karya-karya unik yang baru lainnya,”tutupnya .(*)

Komentar

Rekomendasi Berita