oleh

Rumah Tanpa Asap Rokok

HKN Mura ke-53

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Musi Rawas (Mura) juga mengajak masyarakat untuk sama-sama menyukseskan Program Indonesia Sehat. Dengan pendekatan keluarga, mulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Musi Rawas, Hj Miftahullumi dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 di halaman Rumah Sakit Muara Beliti, Rabu (6/12).

Ia memastikan Indonesia yang sehat dapat diwujudkan melalui keluarga yang sehat yang dapat membentuk masyarakat yang sehat.

“Gerakan rumah tanpa asap rokok semua kecamatan se-Kabupaten Musi Rawas, kami berharap semua aparatur bisa melaksanakannya, minimal jangan merokok di dalam rumah,” jelasnya.

Hal itu dilakukan selaras dengan tema “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”.

Miptahulummi menegaskan, tema ini sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga di mana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

Turut hadir pada acara HKN tersebut, Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan, Wakil Bupati Musi Rawas Hj Suwarti, Dandim 0406/MLM dan Kapolres Musi Rawas Bayu Dewantoro, Kepala BPJS Lubuklinggau, H Ichwansyah Gani.

Ia mengatakan program ini juga didukung oleh program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang berprilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat.

“Kami mengajak untuk berprilaku hidup sehat dengan menanamkan nilai keagamaan pada anak-anak, makan buah dan sayur. Serta gerak fisik dan periksa kesehatan secara teratur,” ungkapnya.

Melalui dua program ini, Dinkes Kabupaten Musi Rawas berharap dapat membangun kemandirian keluarga, dan masyarakat dalam hidup sehat sebagai upaya promotif dan preventif. Hingga pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, demi menciptakan masyarakat yang produktif yang dapat berperan aktif dalam pembangunan Kabupaten Musi Rawas.

Lebih lanjut ia menyampaikan, peringatan HKN ke-53 ini menjadi momentum untuk seluruh insan kesehatan Kabupaten Musi Rawas merefleksi kembali sejauh mana keberhasilan, upaya kesehatan yang sudah dilaksanakan baik promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif dalam meningkatkan derajat kesehatan bangsa Indonesia. Sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan dalam melibatkan semua unsur, lintas sektor, dalam melaksanakan Pembangunan Kesehatan.

Peringatan HKN ke-53 ini dilaksanakan melalui berbagai rangkaian. Diantaranya pemberian mobil Ambulance ke tujuh Puskesmas di Musi Rawas, yakni Puskesmas Mangun Harjo, Puskesmas Muara Beliti, Puskesmas Muara Kelingi, Puskesmas Cecar, Puskesmas Cipto Dadi.

“Sementara setelah itu, dilanjutkan lagi dengan lomba tumpeng Puskesmas sekabupaten Musi Rawas, dilanjutkan dengan cuci tangan bersama lalu makan buah bersama dan penyerahan hadiah lomba Puskesmas inovatif, senam cerdik dan tenis meja,” ungkapnya.

Sementara Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan mengucapkan selamat dengan HKN yang ke-53, dan ia mengucapkan banyak terima kasih kepada Dinkes yang telah mendistribusikan kesehatan lingkungan yang sudah mengharumkan nama Kabupaten Musi Rawas walaupun Musi Rawas masih dikatakan daerah tertinggal.

Lebih lanjut, ia menyampaikan akan segera membangun Puskesmas di Musi Rawas dan akan memfungsikan kembali RS Muara Beliti.

“Berharap ke depan RS kita dapat berkembang dan dapat diberdayakan, dan doakan saja pada 11 Desember mendatang Kabupaten Musi Rawas akan menjadi kabupaten Inovatif,” ungkapnya. (19)

Komentar

Rekomendasi Berita