oleh

Rumah Pangeran Mantap Tempat Pre Wedding

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Kabupaten Musi Rawas merupakan kabupaten yang kaya akan budaya dan adat istiadat, di mana masing-masing desa dan kecamatan memiliki sejarah dan ciri khas masing-masing.

Seperti di Kecamatan Tiang Pumpung Kepungut (TPK) tepatnya di Desa Muara Kati Baru I, yang terdapat rumah Pangeran Mantap.

Rumah ini menjadi salah satu destinasi tersendiri bagi masyarakat, karena sering dijadikan tempat untuk selfie dan foto pre wedding.

“Iya memang ada sejarah dan budaya yang masih sangat melekat di sana, dan kita sendiri sangat bangga dengan hal itu. Ini tentu saja harus dilestarikan, karena anak cucu kita harus mengetahui kalau di Desa Muara Kati Baru I itu ada rumah yang menjadi tempat tinggal pangeran,” kata Camat TPK, Dien Candra, Sabtu (10/2).

Menurut Dien, dahulu biasanya di beberapa kecamatan terdapat rumah yang menjadi tempat tinggal seorang pangeran. Kenapa dikatakan pangeran, karena memang orang tua dari pangeran tersebut merupakan orang yang sangat berpengaruh dalam kehidupan bermasyarakat.

“Rumahnya sangat artistik, tapi karena usianya yang sudah lama, jadi tinggal tangganya saja yang berbentuk melingkar, meski demikian tetap menunjukkan kalau rumah tersebut memiliki nilai sejarah yang sangat luas,”ungkapnya.

Maka dari itu, sebagai Camat, Dien meminta kepada masyarakat di Kecamatan TPK untuk menjaga dan melaporkan ketika menemukan benda-benda yang bersejarah. Karena hal itu penting, untuk dilestarikan oleh pemerintah. Bahkan, kalau memang bagus, akan dijadikan objek wisata.

“Iya betul sekali, kalau memang bagus, nanti akan kita jadikan tempat wisata,” tutupnya. (12)

Rekomendasi Berita