oleh

Rujukan BPJS Mudahkan Peserta Wilayah Perbatasan

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Inovasi tiada henti selalu dilakukan oleh BPJS Kesehatan untuk memudahkan peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan. Baik dalam pendaftaran, memperoleh informasi dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Salah satu inovasi yang baru dilakukan BPJS Kesehatan adalah rujukan online.

Hal ini disampaikan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau, Eka Susilamijaya, Kamis (13/9).

Menurut Eka, rujukan online merupakan terobosan terbaru yang sangat membantu peserta dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Eka menjelaskan, sistem pelayanan kesehatan berjenjang merupakan sistem dalam mendapatkan pelayanan kesehatan untuk Peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan.

“Sehingga untuk kasus penyakit yang tidak bisa ditangani di fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (Dokter Keluarga, Puskesmas dan Klinik) maka akan dirujuk ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Rujukan Lanjutan (Rumah Sakit) dengan membawa Surat Rujukan sebagai dasar mendapatkan pelayanan di rumah sakit,” jelasnya.

Terkecuali, kasus emergency peserta dapat langsung ke Instalasi Gawat Darurat di Rumah Sakit. Untuk memudahkan peserta dalam mendapatkan pelayanan kesehatan maka surat rujukan manual akan diubah menjadi surat rujukan online.

“Surat rujukan online ini banyak keunggulannya. Seperti petugas Faskes Tingkat Pertama melalui aplikasi Rujukan Online dapat mengetahui rumah sakit mana yang ketersediaan poliklinik yang dibutuhkan dalam menindaklanjuti penyakit peserta, jumlah pasien yang dirujuk di rumah sakit, ketersediaan kamar, sampai pada sarana prasarana serta dokter. Sehingga peserta mendapatkan kepastian dalam mendapatkan pelayanan dan untuk peserta yang berdomisili pada daerah perbatasan akan dapat dirujuk ke wilayah terdekat di luar provinsi domisilinya yang pada awalnya tidak bisa dilakukan,” papar Eka Susilamijaya.

System Rujukan Online ini sudah disosialisasikan, Kamis (13/9) yang dihadiri oleh Direktur Rumah Sakit beserta jajaran di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau di Ruang Rapat Kantor BPJS Kesehatan.

Pada pertemuan tersebut, Eka Susilamijaya menjelaskan keunggulan rujukan online, sarana prasarana pendukung dan pelatihan penggunaan aplikasi rujukan online serta penandatanganan komitmen agar rujukan online bisa segera dilakukan untuk memudahkan peserta mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Kami tidak bisa bekerja sendiri, kami butuh bantuan stakeholder dan pihak eksternal terkhusus Rumah Sakit dalam menjalankan program rujukan online ini, sehingga dapat berjalan semaksimal mungkin di seluruh fasilitas kesehatan di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau, semua demi meningkatkan kepuasan peserta” jelas Eka.

Rujukan online memiliki banyak keunggulan terkhusus BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau yang wilayah kerjanya berbatasan dengan 2 provinsi yaitu Bengkulu dan Provinsi Jambi. Sehingga untuk peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan yang berdomisili di wilayah perbatasan memiliki jarak tempuh yang jauh menuju Faskes Tingkat Rujukan Lanjutan di provinsinya, melalui Rujukan online dapat di rujuk ke wilayah Lubuklinggau. Itu bisa dilakukan berdasarkan tingkat kompetensi rumah sakit dan jarak tempuh sehingga dapat segera ditindaklanjuti dengan baik, efektif dan efisien.(lik)

Rekomendasi Berita