oleh

Rudianto : Indeks Kerawanan Pemilu Tidak Berlaku

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Meskipun Empat Lawang ditetapkan sebagai zona merah di Sumatera Selatan (Sumsel). Tapi Ketua Panwaslu Kabupaten Empat Lawang, Rudianto optimis dan percaya indeks kerawanan Pemilu tersebut tidak berlaku bagi Panwaslu Empat Lawang.

Hal ini disampaikannya di hadapan para pemilih pemula pada acara Sosialisasi Pengawasan Partisipasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2018. Di Gedung Serba Guna Pemkab Empat Lawang, Selasa (15/5).

“Kami percaya dan optimis, indeks kerawanan Pemilu di Empat Lawang tidak berlaku bagi kami. Saya yakin Empat Lawang tidak serawan yang ditentukan dari zona merah itu,” ungkap Rudianto kemarin.

Sebenarnya, kata Rudianto, Kabupaten Empat Lawang ini aman dan kondusif, dan Empat Lawang ingin menyukseskan Pilkada serentak tahun 2018 mendatang.

“Kesuksesan Pemilu Empat Lawang adalah tugas kita bersama, mulai dari diri kita. Mari kita sukseskan Pilkada Empat Lawang ini,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah melalui Asisten I Rahmad Riandy menegaskan, kalau Pemilu membutuhkan stakeholder, seperti Pemda, PNS, TNI dan Polri.

“Maka itu sosialisasi ini sangat perlu diadakan, sehingga Pilkada kita nanti berjalan lancar pada saat pelaksanaannya nanti,” tegas Riandy.

Peran aktif dari tokoh masyarakat dan tokoh agama lanjut Riandy sangat diharapkan, dalam menyukseskan Pilkada Empat Lawang, dan para peserta agar manfaatkan momentum ini dengan baik.

“Kita sama-sama berdoa semoga Pilkada di Empat Lawang berjalan lancar, kemarin kita sudah melaksanakan debat kandidat dan berjalan dengan lancar, dan melalui debat kandidat itu kita bisa membuktikan kalau Empat Lawang bisa keluar dari zona merah itu,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Banwaslu Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Junaidi, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memastikan jajaran pengawas siap melakukan pengawasan. Pemilu itu penting sekali. Untuk tingkat kerawanan Sumsel nomor 10 dan Empat Lawang nomor 1 di Sumsel

“Empat Lawang inikan pecahan Lahat sama dengan Pagar Alam, ibarat kata itukan satu rumpun Basemah, kenapa pecahan Lahat bisa ribut,” ucap Junaidi.

Meskipun Empat Lawang ditetapkan sebagai zona merah, tapi dirinya akan membuktikan Empat Lawang ini bisa keluar dari zona merah.

“Boleh saja Banwaslu pusat mengatakan Empat Lawang no 1 zona merah di Sumsel, tapi kita buktikan kita bisa keluar dari zona merah tersebut,” tegasnya.

Dia juga menambahkan bahwa, untuk keluar dari zona merah tersebut harus dibuktikan dengan karya-karya yang nyata.

“Kita buktikan kita bisa keluar dari zona merah pada tanggal 27 Juni nanti, dan saya berharap kepada Mahasiswa, para Pemuda, Tomas dan Toga, bantu kami dalam mengawasi Pemilu, tanpa bantuan kalian Pengawasan tidak akan berjalan lancar,” tambahnya. (10)

Rekomendasi Berita