oleh

Rudi Candra: Sesama Penyelenggara Jangan Saling Salah

LUBUKLINGGAU – Hindari benturan antar penyelenggara, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) Lubuklinggau Barat II, sudah melakukan koordinasi lintas sektoral. Koordinasi tersebut melibatkan pemerintah kecamatan, aparat kepolisian, Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kecamatan Lubuklinggau Barat II.

Komisioner Panwaslucam Lubuklinggau Barat II, Rudi Candra mengatakan dalam menyukseskan Pemilu 2019, butuh koordinasi antara jajaran penyelenggara Pemilu. Karena, jumlah peserta pemilu sangat banyak, jadi butuh kerja ekstra karena banyaknya kepentingan yang akan masuk.

“Karena yang kita hadapi banyak, jadi antara PPL dan PPS jangan saling menyalahkan ketika ada benturan, karena itu akan merugikan kita,” kata Rudi Candra, Minggu (4/1).

Menurut Rudi, PPL juga harus memberi edukasi ke masyarakat, agar menggunakan hak pilihnya pada 17 April 2019 nanti, agar partisipasi masyarakat dapat meningkat. Selain itu juga, harus memberi pemahaman kepada masyarakat untuk menjaga tali silaturahmi diantara mereka, karena beberapa hari ini kerap terjadi gesekan-gesekan kecil di masyarakat.

“Misalnya, ada tim saling klaim masa pendukung kandidat masing-masing. Ketika ini diketahui, hendaknya PPL memberi masukan yang positif, agar gesekan tersebut tidak terjadi lagi,” jelasnya.

Kemudian, yang tidak kalah pentingnya PPL juga harus mengajak masyarakat untuk mengawasi pemilu, dengan melaporkan setiap dugaan pelanggaran pemilu yang mungkin terjadi. Seperti, dugaan money politic, black camping atau pelanggaran lainnya yang dilihat langsung oleh masyarakat.

“PPL juga harus mengajak masyarakat mengawasi tahapan-tahpan Pemilu, agar masyarakat aktif, sehingga mereka dapat mengetahui secara jelas tahapan yang sedang berlangsung. Sebab, selama ini banyak masyarakat yang tidak tahu tahapan sebelum proses pemungutan dan penghitungan suara,” ungkapnya.

Terpisah Ketua Bawaslu Kota Lubuklinggau, Mursyidi mengatakan, dalam melakukan pengawasan pihaknya butuh peran serta masyarakat, agar pelaksanaan Pemilu di Kota Lubuklinggau bisa berjalan aman, tertib dan lancar.

“Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan, dalam menyukseskan Pemilu,”katanya. (aku)

Rekomendasi Berita