oleh

RT Diminta Netral

Kunci Suksesnya Pilkada

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe, mengingatkan kepada seluruh Rukun Tetangga (RT) yang ada di Kota Lubuklinggau untuk menjaga netralitasnya di Pilkada serentak 2018.

“RT jangan ‘asek pakam’, mendukung salah satu kandidat tertentu. Biarkan semuanya kandidat beradu strategi dengan cara yang baik,” kata H SN Prana Putra Sohe, saat bimbingan teknis RT se-Kota Lubuklinggau, Senin (20/11).

Menurut dia, walaupun para Ketua RT tidak bisa seutuhnya netral di Pilkada, karena memiliki hak pilih. Tapi, hendaknya tidak terlalu berlebihan dalam menyikapi Pilkada, meskipun tetap ada kecenderungan dari mereka membela kandidat tertentu.

“Ciptakan suasana kondusif, karena saya ingin Pilkada serentak mendatang jadi Pilkada terbaik,”ungkapnya.

Jadi, dilanjutkan dia tidak ada sedikit pun niat untuk menyinggung salah satu kandidat, karena memang ia berharap pelaksanaan Pilkada dapat berjalan aman, tertib dan lancar, tanpa ada halangan apapun.

Terpisah, Sekretaris Paguyuban RT se-Kota Lubuklinggau, Abdul Somad mengatakan kalau dirinya dari jauh-jauh hari telah meminta agar seluruh Ketua RT untuk netral di Pilkada. Sebab, keberpihakan dari para Ketua RT dapat menciderai pesta demokrasi lima tahunan tersebut, sebab Ketua RT merupakan penguasa wilayah setempat.

“Memang RT diminta untuk netral. Sebab, bila para Ketua RT tidak netral, dapat mempengaruhi situasi politik di tingkat bawah, bisa membuat masyarakat terkotak-kotak,” katanya.

Selain itu, bila Ketua RT tidak netral lagi. Maka, bisa dipastikan kebijakan yang dikeluarkan sudah tidak mengena lagi ke masyarakat.

“Ini bahayanya, makanya kita minta agar seluruh Ketua RT netral, supaya tidak mengeluarkan kebijakan yang bernuansa politis,”jelasnya.

Meskipun demikian, dirinya yakin kalau seluruh Ketua RT se-Kota Lubuklinggau telah berkomitmen untuk menyukseskan Pilkada. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita