oleh

RSUD Dapat Tambahan Dua Dokter Spesialis

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Empat Lawang mendapat tambahan dua dokter spesialis. Yaitu dokter spesialis anak dan dokter penyakit dalam.

Direncanakan awal Desember 2017 nanti, dua dokter spesialis tersebut akan segera bertugas di RSUD Empat Lawang, untuk memberikan pelayanan Kesehatan kepada masyarakat. Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) wajib kerja Dokter Spesialis (WKDS) oleh Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah didampingi Direktur RSUD Tebing Tinggi, dr Devi Andrianty dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Empat Lawang Hj RR Endang DS di Redtop Hotel dan Convention Center, pada Rabu (21/11) di Jakarta.

“Saya sangat mendukung penuh upaya pemenuhan kebutuhan tenaga kesehatan Dokter Spesialis WKDS ini. Dan diharapkan pelayanan di bidang kesehatan di Empat Lawang semakin meningkat,” ungkap Syahril, Sabtu (25/11).

Secara terpisah, Direktur RSUD Empat Lawang, dr Devi Andrianty menjelaskan, WKDS ini adalah upaya pemerataan Dokter Spesialis di Indonesia untuk mengisi RS pemerintah dan pemerintah Daerah. Sebelumnya, telah dilakukan visitasi ke 155 RS yang mengusulkan kebutuhan spesialis dan telah direkomendasikan 111 RS di 102 kabupaten/kota yang akan menjadi lokasi penempatan peserta WKDS.

“Mengisi RS tersebut, akan diberangkatkan sebanyak 206 Dokter Spesialis awal Desember 2017 sebagai peserta WKDS mandiri angkatan V. RSUD Empat Lawang terpilih menjadi salah satu dari Empat Rumah Sakit kabupaten yang terpilih di Sumsel yang mendapatkan program WKDS,” jelas Devi.

Masih kata Devi, proses yang dilalui oleh RSUD Empat Lawang untuk mendapatkan program WKDS ini tidaklah mudah. Pihaknya harus mengajukan usulan kebutuhan dokter spesialis  ke Dinkes Sumsel yang selanjutnya dilakukan verifikasi data. Jika data sesuai maka Dinkes Sumsel menyampaikan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Selanjutnya dilakukan visitasi oleh tim Kemenkes untuk melihat kesiapan sarana dan prasarana serta pemenuhan kriteria dan kebutuhan untuk penempatan Spesialis di RSUD Empat Lawang,” ungkapnya. (04)

Komentar

Rekomendasi Berita