oleh

RS Dr Sobirin Menuju Konsep Penghijauan

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Direktur Rumah Sakit (RS) Dr Sobirin Musi Rawas, dr RHM Nawawi Akib mengatakan bahwa RS Dr Sobirin sudah mengarah ke konsep penghijauan. Di setiap sudut-sudut rumah sakit dibangun taman dan ditanami pohon hias.

“Sehingga pasien-pasian yang dirawat merasa nyaman. Saat ini tidak ada lagi keluhan dari pasien maupun keluarganya tentang rumah sakit yang terkesan kumuh,” katanya kepada Linggau Pos kemarin.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Lubuklinggau, memastikan limbah rumah sakit sudah dikelola secara profesional. Nawawi Akip menjamin, limbah cair yang sudah dikeluarkan dari Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) RS Sobirin aman karena di kolam IPAL yang terakhir ikan hidup.

“Kalau ikan bisa hidup artinya banyak organisme di dalam air tersebut,” ucapnya.

Demikian juga limbah yang dikeluarkan dari insinerator sudah aman tidak mencemarkan udara. Ditegaskannya bahwa, RS dr Sobirin sudah terakreditasi paripurna.

“Untuk mendapatkan akreditasi melalui proses panjang. Bukan hanya soal limbah proses izin bahkan mereka periksa dan dilakukan peninjauan ke lapangan. Setelah dilakukan penelitian dan hasilnya dianggap layak baru bisa mendapatkan akreditasi Paripurna. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir karena tujuan akreditasi adalah meningkatkan mutu dan kesehatan masyarakat di sekitar rumah sakit. Itu yang utama,” tegasnya.

Nawawi Akip mengungkapkan untuk limbah rumah sakit yang tidak bisa diolah di RS dr Sobirin di kirim ke Bandung yaitu perusahaan khusus menangani limbah berbahaya.

“Limbah sangat berbahaya yang tidak bisa diolah di sini kita kirim ke Bandung ke perusahaan yang menangani limbah berbahaya. Limbah tersebut kita kirimkan perdua bulan sekali,” ungkapnya. (08)

Komentar

Rekomendasi Berita