oleh

Rp 84 Miliar Untuk 44 Proyek Jalan

LINGGAU POS ONLINE, AIR KUTI – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Lubuklinggau menyiapkan anggaran Rp 84 miliar, khusus untuk Bidang Bina Marga. Dan anggaran tersebut dibagi untuk 44 paket, baik pembangunan, peningkatan, hingga perawatan jalan.

Kabid Bina Marga, Bastari Ibrahim kepada wartawan, Selasa (17/4), menegaskan semua paket tersebut harus melalui lelang. Itu artinya tidak ada proyek Penunjukan Langsung (PL).

“Semuanya diatas Rp 200 juta, dan memang harus tender terlebih dahulu. Sebagian besar sudah tender, bahkan sudah ada yang dikerjakan,” ungkap Bastari Ibrahim.

Ditambahkan Bastari Ibrahim, tidak adanya proyek PL karena sebagian peningkatan jalan pemukiman kembali ke Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Lubuklinggau. Proyek yang paling besar tahun ini, peningkatan dan pelebaran Jalan Fatmawati dengan pagu anggaran sebesar Rp 11 Miliar.

“Sudah tender dan dikerjakan, pemenangnya perusahaan di luar Kota Lubuklinggau, namun sudah beberapa kali mendapatkan proyek di Kota Lubuklinggau. Progres pengerjaan saat ini sudah 15 %,” tambahnya.

Tapi tidak sedikit juga proyek yang nilainya Rp 1 miliar sudah selesai dikerjakan, salah satunya pengecoran jalan di daerah seputraan bandara, perawatan jalan di seputar Kampus STKIP, dan beberapa titik lainnya.

Terpisah, Sekretaris DPUTR Kota Lubuklinggau, Asril mengatakan pihaknya perketat pengawasan pekerjaan rekanan. Baik itu dibidang Cipta Karya, Bina Marga, maupun Pengairan.

“Memang semua bidang saat ini sebagian proyeknya sudah jalan, kami terus lakukan pengawasan agar hasilnya tepat waktu dan optimal,” tegas Asril.(07)

Rekomendasi Berita