oleh

Rp 13,4 M untuk Dasar Seragam Sekolah

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Pengadaan pakaian anak sekolah tingkat SD, dan SMP di Kabupaten Rejang Lebong sudah dianggarkan dalam APBD Perubahan Tahun 2018 senilai Rp 13,4 miliar. Dana tersebut hanya untuk bahan dasar seragam, bukan pakaian jadi.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Rejang Lebong, T Samuji, dikonfirmasi Selasa (2/10) melalui program ini siswa dari kelas I-IX mendapat dasar seragam. Untuk pengadaan baju jadi tidak memungkinkan.

Dasar yang dibagikan untuk dua setel setengah pakaian, sementara jumlah siswa dari kelas I hingga kelas IX tingkat SD dan SMP sekitar 45.000 siswa.

“Nanti kalau sudah diberikan dasar pakaian silakan dijahit sendiri,” paparnya.

Banyak pertimbangan kenapa menjadi bahan dasar.

“Kalau belajar dari tahun 2017 tidak ada perusahaan yang mampu untuk pakaian jadi, karena alasan waktu yang sangat singkat, harus lelang dan perlu diketahui bahwa pengadaan pakaian tidak beli merek, spesifikasi bukan merek tapi bagaimana kerapatan benang, pewarnaan dan sebagainya,” katanya.

Disdik Kabupaten Rejang Lebong sudah melakukan survei ke sejumlah pabrik.

“Nanti kita juga kerja sama dengan tukang jahit minta masukan berapa sih untuk satu anak untuk baju dan celana supaya tidak salah,” katanya.

Ia juga mengaku, berencana melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan balai tekstil Bandung, dan optimis pengadaan dasar ini terlaksana. Untuk bahan dasar yang akan diberikan pelajar itu sendiri, tambah Samuji, yakni untuk pelajar SD yakni seragam merah putih, pramuka dan pakaian muslim atasan, sementara untuk SMP yakni pakaian biru putih, pramuka dan pakaian muslim atasan.(sam)

Rekomendasi Berita