oleh

Romantik Love Lebih Diminati Dibandingkan Janda Bolong

LINGGAUPOS.CO.ID – Hobi tanam-tanaman merambah di berbagai daerah. Tak terkecuali kota Lubuklinggau. Tak hanya tanaman aglonema yang banyak diminati. Tanaman sejenis dengan struktur yang sedikit berbeda juga banyak peminatnya.

“Khusus di Lubuklinggau, tanaman jenis Romantik Love dan Khanza yang lebih banyak peminatnya,” ujar Sugeng, pemilik depot tanaman hias di Lubuklinggau, Kamis (1/10/2020).

Tanaman lainnya yang juga sedikit meroket adalah tanaman yang disebut lotus. “Baik Lotus, Romantik Love serta Khanza harganya sama rata. Untuk tanaman yang menginjak remaja, di jual dengan pasaran Rp 2,5 juta perpotnya. Biasanya daun yang tumbuh kisaran 6-10 lembar daun,” jelas Sugeng.

Dari sekian banyak peminat ternyata yang banyak pembelinya adalah warga keturunan. “Warna yang kita suguhkan kebanyakan merah merekah. Mereka lebih menyukai. Bisa jadi terkait feng shui, mungkin,” jelas Sugeng.

Nah, bagaimana dengan tanaman jenis Janda Bolong, yang konon harganya mencapai ratusan juta rupiah?
Menurut Sugeng, tergantung dengan hobi. Bisa jadi harganya mencapai ratusan juta rupiah. Namun, dirinya sendiri belum pernah menjual tanaman jenis janda bolong hingga ratusan juga rupiah.

“Biasanya yang membuat tanaman mahal. Pertama langka. Kedua cara tanam atau memelihara rumit. Terus berumur panjang,” kata dia.
Sebagai seorang pemilik tanaman hias, Sugeng, sendiri lebih menyukai tanaman bonsai.

“Kalau tanaman termahal yang saya jual adalah jenis bonsai. Karena untuk menjadikan bonsai bukan hanya perawatannya saja. Tetapi, seninya lebih menonjol,” jelasnya singkat.
Khusus harga bonsai sendiri, Sugeng, memastikan biasanya angka jual diatas Rp5 juta. (*)

Rekomendasi Berita