oleh

Rokok Gerbang Narkoba

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Pecandu narkoba umumnya adalah pecandu rokok. Awalnya mereka hanya ingin coba-coba merokok, tetapi kemudian ketagihan. Kalau seorang sudah kecanduan rokok sejak anak dan remaja, mereka gampang beralih ke narkoba kalau ada yang menawarkan.

Oleh karena itu, Psikolog Irwan Tony mengingatkan, sebaiknya remaja masa kini mulai memahami bahayanya narkoba, dan menjauhkan diri dari rokok.

“Perokok aktif yang ketagihan biasanya menginginkan sensasi atau rasa yang lebih. Sedangkan mempertahankan untuk tidak kembali merokok merupakan fase yang tidak mudah bagi para pecandu. Untuk mencapai itu, selain adanya motivasi dari yang bersangkutan juga diperlukan peran tim medis juga keluarga,” jelasnya.

Seperti halnya merokok, narkoba juga mengandung zat adiktif yang membuat seseorang jadi kecanduan. Nikotin dari tembakau memicu pelepasan dopamin yang membuat seseorang merasa bahagia. Ketika efek itu menurun, perokok dikhawatirkan akan berpindah ke narkoba yang juga bersifat adiksi.

Untuk mencegah jangan sampai rokok menjadi pintu gerbang menuju narkoba, menurutnya pemerintah harus tegas membatasi konsumsinya. Salah satunya dengan larangan total iklan dan sponsor rokok. Sebab, iklan dan sponsor sangat memengaruhi keinginan seseorang untuk mulai merokok.

“Selain itu, harga rokok dinaikkan signifikan, sehingga anak dan remaja tidak mampu membelinya dengan uang saku yang terbatas,” katanya.(05)

Komentar

Rekomendasi Berita