oleh

Rohis, Kuatkan Karakter Siswa

SMK Negeri Rawas Ulu

SMKN Rawas Ulu merupakan pertama dan satu-satunya SMK di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara). Berdiri pada tahun 2012, SMK ini sejak awal dipimpin oleh Edy Sutriono, M.Pd.

Pada awalnya SMK yang berada di Desa Sungai Jauh, Kecamatan Rawas Ulu ini menyelenggarakan pendidikan dengan dua program keahlian. Yaitu Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), dengan jumlah siswa pada awalnya sebanyak 107 siswa. Saat ini SMK Negeri Rawas Ulu telah berkembang cukup pesat, memiliki empat program keahlian dengan 717 siswa.

Berbagai upaya peningkatan kualitas pendidikan terus dilakukan, salah satu program prioritas di SMKN Rawas Ulu adalah penguatan karakter unggul peserta didik melalui kegiatan keagamaan dan ekstrakulikuler Rohani Islam (Rohis).

Berbagai program keagamaan dan ekstrakulikuler Rohis SMKN Rawas Ulu antara lain, pertama menjadikan kemampuan baca Alquran dan salat sebagai salah satu syarat masuk peserta didik baru.

SMKN Rawas Ulu juga mengadakan sertifikasi kemampuan dasar keagamaan seperti azan, salat, doa, dan mengaji sebagai syarat wajib mengikuti Praktik Kerja Industri (Prakerin).

Ketiga, Salat Zuhur berjamaah dan program salat Dhuha.

Lalu, pengajian Jumat pagi, acara ini biasanya diisi dengan pembacaan Surah Yasin dan tausiah dari guru atau ustadz yang ada di sekitar sekolah.

Tak cukup sampai di situ, sekolah ini juga rutin menggelar Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), dilakukan dalam rangka memperingati hari besar islam seperti Maulid Nabi, Isra Mi’raj dan Tahun Baru Islam.

“Kami juga mengadakan Safari Ramadhan dan khataman Alquran keliling Masjid setiap Ramadhan,” terang Kepala SMKN Rawas Ulu, Eddy Sutriono.

Bahkan, digalakkan pula hafalan Juz Amma, dimulai untuk peserta didik angkatan 2016 SMKN Rawas Ulu mewajibkan seluruh siswa hafal 1 juz Alquran (juz 30).

Khusus kelas X SMKN Rawas Ulu memiliki kegiatan pengajian Sabtu sore, setiap pukul 12.45 – 14.30 WIB diisi dengan penampilan ceramah agama dan hafalan Juz Amma oleh siswa dan tausiah dari guru pembina.

Sementara untuk siswa-siswi yang aktif di rohis, mengikuti pengajian rutin setiap Kamis sore. Pada kegiatan ini pembina Rohis memberikan pendalaman terhadap topik-topik tertentu dalam rangka meningkatkan pemahaman Islam para anggota Rohis.

Mereka (anggota Rohis,red) juga aktif mengikuti pertemuan Rohis SMA/SMA/MA Se Muratara dan mengikuti lomba kegiatan Rohis-FOKSIS di Kota Lubuklinggau dan Gebyar Anak Rohis IV di Muaraenim.

Untuk meningkatkan wawasan dan semangat belajar siswa khususnya ekstrakulikuler Rohis, maka salah satu program pembinaannya adalah mengikutkan anggota Rohis dalam berbagai lomba baik tingkat Kabupaten hingga tingkat Nasional.

Tak ketinggalan, untuk memupuk kepedulian sosial, Rohis SMKN Rawas Ulu juga kerap melakukan kunjungan ke Panti Asuhan. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan semangat kepedulian siswa dan menjalin silaturahmi antar lembaga.(Rls/05)

Komentar

Rekomendasi Berita