oleh

Rina Imbau Kader Pelajari Materi Saat Jambore PKK

KETUA TP PKK Kota Lubuklinggau, Hj Yetti Oktarina Prana mengimbau agar seluruh kader PKK dan Posyandu untuk betul-betul menyerap materi yang diberikan, saat mengikuti jambore PKK tingkat Kota Lubuklinggau mendatang.

Karena Rina, sapaan akrabnya ini menjelaskan, saat kegiatan jambore yang akan diikuti oleh 365 peserta dan dilaksanakan di Hotel Dafam selama dua hari, Jumat-Sabtu (24-25/11) mendatang ini, akan ada dua pemateri yang hadir untuk mengedukasikan seluruh kader.

“Jambore menjadi ajang bergembira, untuk seluruh kader. Namun agar tidak terkesan hura-hura kita ada pemberian materi. Untuk itu kita imbau kepada peserta nantinya, untuk silakan bergembira namun tetap serap ilmu yang diberikan oleh narasumber yang hadir,” ungkap Rina.

Apalagi ajang ini, merupakan pelatihan untuk kader Posyandu, kebetulan pengurus TP PKK Provinsi yang kebetulan seorang dokter belajar khusus teknik pijat bayi supaya ibu-ibu bisa praktek di Posyandu, diajari ibu-ibu yang hadir. lalu dokter spesialis kandungan tentang kesehatan reproduksi, untuk meminimalisir penyakit kanker serviks.

“Kita juga tahu, kanker serviks sudah menjadi momok bagi kaum perempuan saat ini. Untuk itu, pemerintah pun mulai dari pusat sampai ke daerah sedang gencar-gencarnya memberikan edukasi. Dan ini juga yang kita lakukan, bahkan Lubuklinggau sudah sangat sering. Kita pun di setiap Puskesmas, sudah membula pelayanan pemeriksaan IVA,” jelasnya.

Mengenai acara Jambore sendiri, ia menambahkan sudah siap.

“Bahkan ditingkat Kelurahan, seluruh kader-kader PKK mereka sudah dipersiapkan. Insya Allah persiapan sudah mencapai 90%,” tambahnya.

Sebelumnya, Sekretaris PKK Maya menjelaskan, tidak hanya menambah pengetahuan dengan narasumber tersebut, di Jambore nanti juga akan dilakukan lomba-lomba serta api unggun.

“Salah satunya lomba senam kesehatan, yang akan dinilai mengenai kerapian serta kekompakan masing-masing tim dari kecamatan. Lalu ada juga lomba ranking 1 tentang program 10 PKK, lomba yel-yel serta lomba penyuluhan PHBS. Malamnya kita adakan api unggun, untuk menjalin silaturahmi serta kekeluargaan antar kader PKK, Posyandu hingga dasa wisma,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, semangat serta motivasi kader lebih meningkat pasca mengikuti Jambore Kader PKK ini.

“Karena kegiatan ini juga sebagai bentuk kita, memberikan reward serta motivasi kepada kader,” harapnya. (09)

Komentar

Rekomendasi Berita