oleh

Riki Junaidi Jabat Plt Walikota Lubuklinggau

PALEMBANG – Mendekati Pilkada 2018 di beberapa kabupaten/kota di Sumatera Selatan (Sumsel), Kepala Daerah yang kembali mencalonkan diri diminta untuk cuti dan otomatis jabatan mereka akan digantikan sementara oleh Pelaksana Tugas (Plt).

Untuk di Sumsel, Bupati dan Walikota yang digantikan posisi oleh Plt yakni diantaranya di Palembang, Prabumulih, Lubuk Linggau, dan Pagar Alam. Diketahui, Gubernur Sumsel, Alex Noerdin telah mengajukan 12 nama pejabat yang bakal menjadi Plt Kepada Daerah. Dari ke 12 nama tersebut, empat pejabat senior Pemprov Sumsel santer disebut akan mengisi kursi Plt Bupati dan Walikota.

Mereka adalah Achmad Najib (Asisten I bidang Pemerintah dan Kesra) akan menjadi Plt Kota Palembang,  Richard Cahyadi (Kepala Dinas Kesatuan Politik) menjadi Plt Walikota Prabumulih, Kemudian Amsin Djauhari (Karo Otonomi Daerah dan Pemerintahan) menjadi Plt di Pagar Alam dan Riki Junaidi (Kepala Satuan Polisi Pamong Praja) menjabat sebagai Plt di Lubuklinggau.

“Kemungkinan 14 Februari kepastian nama-nama Plt itu baru akan turun,” ungkap Karo Otonomi Daerah dan Pemerintahan, Amsin Djauhari, kemarin.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, sudah ada sedikitnya 12 nama pejabat senior Pemprov Sumsel yang telah diajukan kepada Kemendagri untuk nantinya menjadi Plt kepala daerah. Munculnya 12 nama tersebut mengingat pengajuan untuk satu daerah terdiri dari tiga nama kandidat. Nantinya, Kemendagri akan memilih satu nama.

“Ya, jadi kan ada empat kota yang akan diisi Plt kepala daerahnya, jadi kandidatnya ada 12 orang,” kata Alex.
Ia menambahkan, persetujuan (SK) Kemendagri akan turun Febuari ini atau atau sebelum penetapan pasangan dari KPU pada 12 Februari. Ketika ditanya mengenai nama-nama calon Plt, Alex enggan menyebutkan nama-nama calon yang dipersiapkan menjadi pelaksana tugas kepala daerah tersebut, namun, kata Alex, kriterianya haruslah seorang pejabat senior, mulai dari tingkat eselon jabatan hingga golongan kepangkatan. Hal itu ditujukan agar pelaksana tugas kepala daerah tersebut mampu menjaga iklim kondusifitas selama penyelenggaraan Pilkada berlangsung.

“Ya, apalagi tahun ini Sumsel juga menjadi tuan rumah penyelenggaran Asian Games,” pungkasnya.(Net)

Komentar

Rekomendasi Berita