oleh

Riki : Jadikan Anak Kota Lubuklinggau Anak ‘GENIUS’

Lantik 45 Pengurus Forum Anak Daerah

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Lubuklinggau laksanakan peringatan Hari Anak Nasional tingkat Kota Lubuklinggau tahun 2018. Kegiatan dilaksanakan, di Gedung Kesenian Kelurahan Kayu Ara, Kecamatan Lubuklinggau Barat I, Selasa (3/9).

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan pelantikan pengurus forum anak daerah Kota Lubuklinggau masa bakti 2018-2020. Pelantikan pengurus forum anak daerah Kota Lubuklinggau ini, langsung dilantik oleh Penjabat Walikota Lubuklinggau, H Riki Junaidi.

Usai pelantikan, Riki Junaidi didampingi Sekda Kota Lubuklinggau, H Rahman Sani dan kepala OPD yang berkesempatan hadir memberikan ucapan selamat pengurus forum anak daerah yang baru saja dilantik, bernyanyi jingle forum anak daerah serta foto bersama.

Usai melantik pengurus forum anak daerah, Penjabat Walikota Lubuklinggau, Riki Junaidi memberikan arahan serta bimbingan kepada anak-anak yang hadir. Dalam kesempatan itu ia menegaskan kalau pemerintah serta orang tua berkewajiban memastikan anak-anak di Kota Lubuklinggau mendapatkan empat hak mereka. Diantaranya hak mendapat pendidikan, hak mendapat kesehatan serta mendapat perlindungan.

Maka sesuai tema HAN tahun 201, jadikan anak Indonesia anak yang GENIUS yakni anak Gesit, Berempati, Berani, Unggul dan Sehat. Pemerintah berkewajiban menjadikan anak-anak di kota ‘sebiduk semare’ ini, menjadi anak-anak yang ‘GENIUS’.

Kedua dilanjutkannya, tentu pemerintah serta para orang tua berkewajiban melindungi anak dari pergaulan bebas serta pengaruh Minuman Keras (Miras) dan Narkoba. Ia katakan, warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) sebagian besar disebabkan kasus narkoba dan diantaranya adalah anak-anak.

“Untuk itu kekhawatiran akan terpengaruhnya anak-anak kita terhadap bahaya Miras dan Narkoba, harus menjadi perhatian kita bersama. Kita wajib memastikan, kalau anak-anak kita tidak terpengaruh dengan hal-hal tersebut,” ungkapnya.

Ia juga mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus forum anak daerah Kota Lubuklinggau periode 2018-2020.

“Kerjakan tugas dan fungsi yang ada, dan diharapkan membawa dampak yang positif untuk anak-anak di Kota Lubuklinggau,” harapnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Lubuklinggau, Heri Zulianta mengatakan ada 45 pengurus forum anak daerah Kota Lubuklinggau yang dilantik. Mereka terdiri dari pelajar SMP, SMA/SMK yang ada di Kota Lubuklinggau.

“Tujuan mereka dibentuk pastinya untuk menampung aspirasi anak-anak. Bahkan kedepan kita ingin di Musrenbang tahun 2019 mereka (forum anak, red) ini dilibatkan untuk menyumbangkan saran serta ide dari aspirasi yang mereka tampung,” ungkap Heri.

Saat ini baru untuk tingkat Kota Lubuklinggau yang dibentuk, kedepan Heri meyakini akan membentuk forum anak daerah di setiap Kecamatan. (rfm)

Rekomendasi Berita