oleh

Ribuan Pot di Median Jalan Garuda Bakal Dilepas

LINGGAU POS ONLINE- Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kota Lubuklinggau akan melepas ribuan pot yang dipasang di median jalan, tepatnya di Jalan Garuda, Kelurahan Pasar Pemiri, Kecamatan Lubuklinggau Barat II. Ribuan pot tersebut saat ini sudah tidak ada tanaman bunganya, terkesan mubazir terpasang di marka jalan tersebut.

Selama musim kemarau ini Disperkim Kota Lubuklinggau harus bekerja keras mempertahankan bunga, dan jenis tanaman lainnya yang ada di taman kota, termasuk di median jalan sepanjang Jalan Protokol. Di Kota Lubuklinggau ada 44 taman kota yang menjadi tanggung jawab Disperkim Kota Lubuklinggau, dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang hanya 35 orang.

Kepala Disperkim Kota Lubuklinggau, Trisko Defriansyah didampingi Kabid Prasarana Sarana dan Utilitas (PSU), Misno kepada wartawan, Selasa (24/9) mengatakan cuaca saat ini benar-benar ekstrem. Pihaknya sudah melakukan berbagi upaya agar tanaman di taman tetap hidup, seperti melakukan penambahan jadwal siram.

“Normalnya dua kali sehari, pagi dan sore atau menjelang malam. Selama kemarau ini jadi tiga kali penyiraman, karena masing-masing penanggung jawab diwajibkan melakukan penyiraman tambahan, karena selam kemarau mereka tidak merumput digantikan melakukan siraman tambahan,” jelas Trisko Defriansyah.

Ditambahkan Trisko Defriansyah, selama kemarau petugas Disperkim Kota Lubuklinggau juga mencari sumber air terdekat untuk rutin melakukan penyiraman, dan di-beckup dua unit mobil taman yang sudah dilengkapi tedmon, pompa air, dan nozel. Bahkan setiap penyiraman disertai dengan pupuk guna menambah unsur hara tanah, agar tanaman tetap bisa bertahan hidup. Kedepan Disperkim Kota Lubuklinggau akan melakukan penyulingan, pergantian tanaman di median jalan sepanjang Jalan Protokol.

“Tanaman yang besar-besar tetap kita pertahankan, tanamannya kita ganti yang baru, begitu juga tanahnya nanti kita olah. Tapi penanamannya kita mulai saat cuaca sudah normal, intensitas hujan juga normal agar program ini tidak sia-sia,” ungkap mantan Sekretaris KPU Kota Lubuklinggau ini.

Ada beberapa pertimbangan Disperkim Kota Lubuklinggau memilih jenis tanaman, salah satunya mudah dirawat, dan mampu bertahan di musim hujan maupun kemarau. Jenis tanaman yang akan ditanam yaitu dodokan maupun kamboja. Tidak hanya itu, Disperkim Kota Lubuklinggau juga sudah melakukan budidaya atau pembibitan, sehingga saat ada tanaman mati bisa langsung diganti.

Laporan Peny Anggraini

Rekomendasi Berita