oleh

Retribusi Uji Kendaraan Baru Tercapai 19 Persen

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Pencapaian retribusi uji kendaraan bermotor, atau uji KIR di Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Lubuklinggau tahun 2017 baru tercapai 19 %, atau Rp 257.958.900. Sementara, mereka ditargetkan untuk retribusi uji KIR sebesar Rp 1.374.800.000.

Pencapaian ini diakui Kadishub Kota Lubuklinggau, Abu Ja’at didampingi Kasi Bimbingan Uji Kendaraan Bermotor, Sabar hampir sama dengan pencapaian tahun lalu. Bahkan diakuinya, dua tahun terakhir dari target yang ditetapkan, tidak pernah tercapai.

“Namun kita sudah berusaha semaksimal mungkin. Tidak tercapainya target yang ditetapkan, tentu banyak penyebabnya. Salah satunya kondisi perekonomian saat ini yang memang sedang buruk. Kesadaran masyarakat untuk uji Kir yang minim, dan penyebab lainnya,” ungkap Sabar.

Dishub Kota Lubuklinggau tidak bisa menindak tegas kendaraan yang bandel, kecuali ada razia gabungan antara Dishub dengan Polres Lubuklinggau.

“Kami bisa razia, hanya di terminal dan timbangan saja,” tegasnya.

Selain itu dilanjutkan Sabat, tingginya target yang ditetapkan juga menyebabkan sulit dicapai. Apalagi Perda No. 11 Tahun 2011 tentang retribusi daerah tidak direvisi. Mengingat semua tarif uji Kir sudah diatur dalam Perda tersebut.

“Tarif yang ada saat ini masih sangat minim sekali, jadi agak susah untuk mencapai target yang ditetapkan. Kecuali kalau Perda No. 11 Tahun 2011 tersebut direvisi, dan tarif uji Kir dinaikkan kemungkinan besar untuk mencapai target yang sudah ditetapkan sangat besar,” jelasnya. (CW01)

Komentar

Rekomendasi Berita