oleh

Retribusi Parkir di Empat Lawang 90%

LINGGAU POS ONLINE- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Empat Lawang memastikan, realisasi retribusi parkir sudah mencapai 90 persen dari target yang ditetapkan. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dishub Empat Lawang, HM Taufik saat dibincangi di ruang kerjanya, Rabu (11/12).

“Dari target Rp50 juta. 99 persen saat ini sudah terealisasi,” katanya.

Dari 10 kecamatan yang ada, diakuinya baru tiga kecamatan yang diambil retribusi parkirnya.

“Untuk lokasi resmi parkir yang dipungut retribusi dan menjadi penambah Pendapatan Asli Daerah (PAD), yaitu untuk di Kecamatan Tebing Tinggi ada di sepanjang Jalan Abubakardin kiri dan kanan, kecuali depan Polres Empat Lawang. Untuk di Kecamatan Pendopo yakni di depan Pasar Tradisional Modern (PTM) Kecamatan Pendopo. Sedangkan di Kecamatan Muara Pinang ada juga parkir tapi sifatnya mingguan. Di luar itu, artinya lokasi parkir tersebut parkir ilegal,” ungkapnya.

Taufik menjelaskan pihaknya tidak bisa memaksakan tukang parkir untuk mencapai target, karena juru parkir tersebut bukan pegawai Dishub dan belum memiliki gaji tetap.

“Juru parkir saat ini berjumlah 13 orang yang resmi, namun mereka belum memiliki gaji. Tapi kita tidak bisa memaksakan mereka untuk mencapai target yang telah di tentukan oleh pemerintah, itulah yang menjadi alasan kenapa parkir kita belum menggunakan karcis. Meskipun Dispenda memberikan karcis, itu tidak digunakan di lapangan,” ungkapnya kembali.

Kedepan lanjutnya, kemungkinan pasar Pulau Emass tebing tinggi akan menggunakan parkir One Gate System, dan akan bekerja sama dengan pihak kegiatan untuk pengelolaan.

“Itu masih menunggu Pasar Pulau Emass benar-benar sudah menjadi satu lokasi pedagang yang berjualan di dalam semua tidak seperti sekarang yang belum tertib, sehingga parkir one gate bisa di terapkan,” jelasnya.

Laporan Kayan Manggala

Rekomendasi Berita