oleh

Resmi Tiga Pasang Calon

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Resmi, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lubuklinggau akan diikuti oleh tiga Pasangan Calon (Paslon). Yakni Paslon H Toyeb Rakembang-Sofyan maju melalui jalur perseorangan dengan jumlah dukungan sebanyak 17.701 jiwa. Kemudian pasangan Prana Putra Sohe-Sulaiman Kohar diusung oleh Partai Politik (Parpol) yaitu Golkar, Demokrat, PKS, PKB, Gerindra, NasDem, PBB, Hanura dan didukung oleh PAN. Selanjutnya pasangan Rustam Effendi-Riezky Aprilia diusung oleh PDIP dan PPP.

Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendri, Senin (12/2) menjelaskan, penetapan dilakukan berdasarkan rapat pleno. Dengan selesainya penetapan ini maka Paslon yang sudah ditetapkan resmi jadi peserta Pilkada. Mereka, akan mengikuti tahap selanjutnya, yakni pengundian nomor urut, di Hotel SMart Kelurahan Jawa Kanan, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, hari ini (13/2).

“Setelah dilakukannya penetapan ini, maka semua Paslon wajib mengikuti dan mematuhi aturan yang berlaku, termasuk mengikuti tahapan-tahapan pelaksanaan Pilkada,” jelas Efriadi Suhendri.

Termasuk, dilanjutkan Eef, melakukan kampanye sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Bahkan, Paslon yang sudah ditetapkan tidak dapat mengundurkan diri sebagai kandidat, kalau itu dilakukan akan diberikan sanksi, yakni diskualifikasi sebagai Paslon.

“Bukan tidak mungkin bila dipidana, karena dianggap main-main saja. Pilkada kok main-main,” jelasnya.

*** Sabar, Beretika dan Tahan Emosi

Di tempat yang sama, calon Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe didampingi calon Wakil Walikota Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar beserta seluruh tim pendukung, usai rapat pleno terbuka penetapan calon Walikota dan calon Wakil Walikota Lubuklinggau mengaku lega. Pasalnya sudah resmi ditetapkan sebagai calon Walikota dan calon Wakil Walikota.

“Tinggal lagi, persiapan pengundian nomor urut, besok (hari ini, red),” ungkap Nanan, sapaan akrabnya.

Mengenakan baju selaras berwarna biru bersama pasangannya, H Sulaiman Kohar, Nanan mengaku tidak mempersoalkan mengenai nomor urut.

“Semua nomor bagus. Mau nomor 1, 2 atau 3 semua nomor cantik,” ungkapnya sambil tersenyum.

Ia berpesan kepada seluruh tim pemenangan dan pendukung serta simpatisan untuk mengedepankan sabar.

“Kedepan, tinggal perjuangan dan doa. Kita ingin semua pendukung bersabar, beretika dan tahan emosi selama mengikuti tahapan Pilkada,” harapnya

*** Tak Permasalahkan Nomor Berapa

Calon Walikota Lubuklinggau, H Rustam Efendi mengatakan kalau dirinya yakin dapat memenangkan pertarungan.

“Ketika maju, kita yakin menang. Itu kata kuncinya,” jelasnya.

Mengenai pengundian nomor urut, lanjut Rustam, kalau dirinya tidak mempermasalahkan nomor berapa yang akan didapatnya, karena nomor tidak menentukan siapa yang akan memenangkan pertarungan.

“Tidak masalah nomor berapa saja, toh kita juga tidak bisa milih,” ungkapnya. (11/09)

News Feed