oleh

Reses Dewan Banyak Usulan

LUBUKLINGGAU – Reses anggota DPRD Kota Lubuklinggau ‘banjir’ aspirasi dari masyarakat. Sebab, ini waktu yang tepat bagi masyarakat untuk menyampaikan usulannya secara langsung kepada legislator.

Seperti, dalam reses di Daerah Pemilihan (Dapil) IV yang meliputi Kecamatan Lubuklinggau Timur I dan Timur II, para peserta reses menyampaikan beberapa keluhan.

Seperti, usulan drainase di wilayah Kelurahan Nikan Jaya yang mengakibatkan banjir setiap hujan, pengadaan lampu jalan, termasuk usulan pembinaan olahraga voli.

Harapannya, dengan sudah diketahuinya permasalahan tersebut oleh legislator, bisa langsung terealisasi dalam waktu dekat.

Koordinator Reses Dapil IV, Taufik Siswanto mengatakan, reses amanat dari Undang-Undang (UU) No.17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD dan juga amanat Peraturan Pemerintah (PP) No.12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Jadi, per triwulan setiap legislator menemui konstituennya untuk menyerap semua aspirasi dari masyarakat.

“Semua usulan akan kami sampaikan, tapi mengenai realisasinya skala prioritas. Namun, prinsipnya semua usulan akan terealisasi, yang membedakannya hanya masalah waktu,” jelas Taufik, Jumat (21/12).

Menurut Taufik, sebenarnya masyarakat bisa mengusulkan kegiatan nonfisik, tidak terpaku pada kegiatan fisik saja.

Karena, berdasarkan pengamatan dirinya, kegiatan nonfisik juga tak kalah penting dari kegiatan fisik, seperti peningkatan akhlak masyarakat, serta pencegahan DBD dengan melakukan fogging per kecamatan.

“Jadi, masyarakat jangan terpaku pada kegiatan fisik saja. Sebab, kegiatan nonfisik tidak kalah penting,” katanya.

Terpisah, Koordinator Reses Dapil II yang meliputi Kecamatan Lubuklinggau Utara I dan Utara II, Merizal mengatakan banyak usulan yang diterima legislator Dapil II.

Mulai dari perbaikan jalan, lampu jalan yang putus, infrastruktur sosial, perbaikan siring irigasi atau talut, dan jalan ke Malus untuk di aspal mengingat jalan ke Malus sudah rusak.

“Semua usulan akan kita godok, dan akan direalisasikan sesuai dengan skala prioritas,” katanya.

Jadi, masyarakat jangan segan untuk mengusulkan setiap masalah yang dihadapinya, karena ada kemungkinan para legislator belum mengetahui permasalahan tersebut.

“Jangan sungkan untuk mengajukan usulan, karena masyarakat lebih tahu tentang permasalahan di lingkungan masing-masing,” jelasnya. (aku)

Rekomendasi Berita