oleh

Resap Aspirasi Masyarakat

Anggota DPRD Dapil II dan IV Reses

SETELAH anggota DPRD Kota Lubuklinggau Daerah Pemilihan (Dapil) I dan III melakukan reses, Jumat (21/12), giliran anggota DPRD Kota Lubuklinggau Dapil II dan IV melakukan reses atau temu konstituen. Reses ini guna menyerap aspirasi masyarakat atau merealisasikan usulan masyarakat dalam waktu dekat. Maka, seluruh legislator yang mewakili konstituennya hadir untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi masyarakat secara langsung, sebab peserta reses terdiri dari Lurah, Ketua RT, LPM dan kader PKK.

Staf sekretariat DPRD Kota Lubuklinggau yang jadi panitia dalam reses anggota DPRD Kota Lubuklinggau di Dapil IV.

Seperti dalam reses di Dapil IV, dihadiri hampir seluruh legislator di wilayah tersebut, seperti Taufik Siswanto, Rodi Wijaya, Yusri Daud, Sutrisno Amin, Musdalipa, Rukma Dewi dan Soleha. Mereka hadir bersama perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Tujuannya, agar OPD terkait dalam mengambil tindakan preventif atas keluhan yang dihadapi masyarakat. Termasuk, tuan rumah Camat Lubuklinggau Timur II Tegi Bayumi, Camat Lubuklinggau Timur I Heny Fitriyanti.

“Reses merupakan amanah dari Undang-Undang dan merupakan kewajiban dari setiap legislator. Sebab, legislator merupakan wakil rakyat, jadi sudah menjadi kewajiban bagi kami untuk menyerap, menampung setiap aspirasi masyarakat,” kata koordinator reses Dapil IV, Taufik Siswanto.

Para undangan reses sedang mengisi buku tamu, yang disediakan Sekretariat DPRD Kota Lubuklinggau yang merupakan panitia reses.

Menurut Taufik, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua I DPRD Kota Lubuklinggau, segala pokok pikiran yang sudah disampaikan peserta reses akan diakomodir dengan skala prioritas, baik di wilayah Kecamatan Lubuklinggau Timur I dan Timur II.

“Semua usulan yang sifatnya penting akan direalisasi, misalnya usulan mengenai fogging per kelurahan untuk mencegah demam berdarah. Ini akan direalisasikan, karena sifatnya sangat mendesak, untuk mencegah DBD,” jelasnya.

Aparat kepolisian, memberikan pertanyaan kepada anggota DPRD yang datang pada reses Dapil II, yang meliputi Kecamatan Lubuklinggau Utara I dan Utara II, Jumat (21/12)

Terpisah, anggota DPRD Kota Lubuklinggau Dapil II juga melakukan reses pada hari yang sama. Hadir dalam reses tersebut anggota DPRD Kota Lubuklinggau Dapil II, H Odi Rafles, Ismail M Yuni, Merizal, Hj Siti Fatimah, Suyitno, Yulius, Yeni Risnawati. Camat Lubuklinggau Utara I Firdaus Abky, Camat Lubuklinggau Utara II Rozikin, Lurah se-Kecamatan Lubuklinggau Utara I dan Utara II, KUA, Ketua RT sekecamatan Utara I dan II, LPM, Lembaga Pemangku Adat, Toko Masyarakat. Termasuk OPD, yang akan mendengarkan langsung keluhan dari masyarakat.

Koordinator reses anggota DPRD Kota Lubuklinggau Dapil II, Merizal mengatakan reses ini yang dilakukan untuk menjaring, mendengarkan aspirasi masyarakat, untuk diperjuangkan dalam e-Paling kedepannya

“Alhamdulillah melalui reses kali ini banyak masukan-masukan serta kritik dan saran, dari peserta yang datang seperti perbaikan jalan, lampu jalan yang putus, infrastruktur sosial, usulan perbaikan siring irigasi atau talut, dan jalan ke Malus untuk diaspal mengingat jalan ke Malus sudah rusak,” katanya.

Menurut Merizal, seluruh saran dan masukan tersebut akan direalisasikan sesuai skala prioritas atau yang sifatnya mendesak, sesuai dengan kemampuan dari Pemerintah Kota Lubuklinggau. (aku/adi)

Rekomendasi Berita