oleh

Relawan Demokrasi Mengarah Sebelas Basis Pemilih

LUBUKLINGGAU – KPU Kota Lubuklinggau telah menetapkan sebanyak 55 orang Relawan Demokrasi Pemilu 2019.

Komisioner KPU Kota Lubuklinggau Divisi SDM dan Parmas, Andre Affandi mengatakan para relawan merupakan mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi pelaksanaan Pemilu 2019. Termasuk, melakukan pendidikan pemilih, serta dalam mendorong partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilu di Kota Lubuklinggau.

Agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih akan menyasar sebelas basis pemilih strategis, di mana masing-masing basis telah ditetapkan lima Relawan Demokrasi. Seperti, basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, marginal, perempuan, disabilitas, pemilih khusus, komunitas, keagamaan, netizen, Relawan Demokrasi dan pemilih berkebutuhan khusus.

Dengan demikian, maka ia berharap dengan adanya Relawan Demokrasi dapat meningkatkan partisipasi pemilih, setidaknya melebihi target yang ditetapkan KPU RI yakni 77,5 persen.

“Semoga, dengan adanya 55 orang Relawan Demokrasi, partisipasi pemilih meningkat, dan Pemilu 2019 berjalan aman, damai dan kondusif,” kata Andre, Minggu (20/1).

Terpisah Komisioner KPU Kabupaten Musi Rawas (Mura) Divisi SDM dan Parmas, Syarifudin mengatakan hal yang sama, pihaknya juga telah menetapkan Relawan Demokrasi sebanyak 55 orang. Menyasar, 11 basis yang sudah ditetapkan, dengan harapkan partisipasi pemilih meningkat, dan Pemilu 2019 berjalan dengan aman dan kondusif.

Menurut Syarif, para Relawan Demokrasi ini akan bertugas selama tiga bulan, dan akan diberikan honorarium. Sebagai, uang jasa pengabdian mereka yang sudah bersedia, untuk berpatisipasi untuk memberikan pendidikan pemilih.

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) Divisi SDM dan Parmas, Netty Herawati mengatakan bahwa 55 orang Relawan Demokrasi. Pembentukannya berdasarkan surat KPU RI nomor 32/PP.08-SD/06/KPU/I/2019 tentang pembentukan Relawan Demokrasi pemilu serentak 2019. Para Relawan Demokrasi akan ditugaskan selama 3 bulan untuk menyosialisasikan setiap tahapan Pemilu 2019, yang sedang dilaksanakan KPU.

“Jadi, setiap Relawan Demokrasi harus bekerja sesuai dengan basisnya masing-masing, dengan tujuan memberikan pendidikan pemilih,” katanya. (aku)

Rekomendasi Berita