oleh

Rektor Unmura Lepas 281 Mahasiswa K2N dan K2PL

LINGGAU POS ONLINE, AIR KUTI – Rektor Universitas Musi Rawas (Unmura) Prof. DR H. Fachrurrozie Sjarkowi, Ph.D melepas keberangkatan 281 mahasiswa. Pelepasan 140 mahasiswa Kuliah Kerja nyata (K2N) dan 141 mahasiswa Kuliah Kerja Praktik Lapang (K2PL) berlangsung di halaman Gedung Rektorat Unmura (eks Kantor DPRD Mura), Selasa (26/6).

Di hadapan para mahasiswa dan 49 dosen pembimbing, Rektor Unmura menyampaikan selaku mahasiswa kita wajib menerapkan prinsip perguruan tinggi. Pertama tri darma perguruan tinggi, seperti penelitian, pengajaran dan pengabdian. Yang kedua tri loka seperti loka mukim, loka manusia dan agama, loka masalah. Dan yang ketiga tri piranti seperti permen, pena, dan panganan. Yang ketiga tri pengorbanan seperti prinsip, psikologis, dompet. Yang ke empat tri siasat seperti iman dan ilmu, hati dengan hasrat, adanya kontak.

“Kalau mahasiswa pegang keempat prinsip perguruan tinggi tersebut, maka insyaAllah kalian akan menjadi mahasiswa terlatih dan bisa menjadi penggerak roda masa depan bangsa,” terangnya optimis.

K2N dan K2PL tahun 2-18 ini mengusung tema Menggali dan Merajut Potensi Desa Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Penduduk Mura 2018.

Berdasar laporan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unmura, Ir Betty Herlina ada 140 mahasiswa yang mengikuti KKN, sementara yang mengikuti K2PL ada 141 mahasiswa.

“Mahasiswa yang mengikuti K2N, 118 orang dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) dan 22 mahasiswa Fakultas Teknik. K2N ini terpusat di 10 desa Kecamatan Tuah Negeri dan 10 Desa Kecamatan Jayaloka. Sementara yang ikut K2PL, tersebar di berbagai dinas dan instansi di Lubuklinggau, Mura, Musi Rawas Utara (Muratara), Empat Lawang, Palembang dan Jambi. Mahasiswa yang K2PL ini 76 orang dari Fakultas Pertanian dan 65 mahasiswa dari Fakultas Ekonomi,” terang Betty Herlina.

K2N maupun K2PL akan dilaksanakan dua bulan, terhitung 25 Juni -25 Agustus 2018.

“Sebelumnya para mahasiswa ini sudah dibekali, dengan seminar bersama narasumber-narasumber profesional di bidangnya. Dengan modal itu, ditambah ilmu selama kuliah, bisa jadi penyemangat mereka untuk menunaikan amanah sebagaimana yang disarankan pak Rektor,” imbuh Betty.(AE03/02)

Rekomendasi Berita