oleh

Rektor Unmura: Kalau Mau Sukses Jadi Pemimpin, Watak Harus Diperbaiki

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Rektor Unmura Prof. Dr. Ir. Fachrurrozie Sjarkowie memberikan kunci sukses bagi 299 mahasiswa baru Unmura tahun akademik 2018/2019.

Kunci itu dikonsepnya dalam 3W.

W pertama yakni wawasan.

Menurutnya, mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa harus berwawasan luas. Karena era informasi yang canggih, setiap detik kita dapat wawasan informasi mendunia.

“Jangan sampai kita bak katak dalam tempurung,” pesan Prof Fachrurrozie.

Ia berkeyakinan dengan berwawasan luas, kita akan jadi pemimpin bangsa dimanapun levelnya yang tak pernah lupa pada Tuhan Yang Maha Esa.

Kunci kedua Wibawa.

“Wibawa akan ada pada kita, kalau kita bisa konsisten (antara yang diucapkan dan yang dilakukan selaras),” tegas dia.

Selain konsisten, juga harus dengan segala kesungguhan dalam bekerja. Maka pasti ada hasilnya. Waktu kita hanya 24 jam per hari. Jangan habis untuk WA-an maupun facebook -an.

Dengan berwibawa, orang akan mendengarkan dan nurut ketika anda bicara.

Lalu W ketiga, watak.

Prof Fachrurrozie menegaskan sebagai pemimpin, watak harus baik.

“Kita harus sesadar-sadarnya ingat, bahwa tidak satupun pekerjaan bisa kita kerjakan sendiri. Dalam hidup, kita harus menciptakan kawan, setiap hari. Harus!” Pesan dia.

Ia melanjutka ketika kita komitmen untuk bahagia, maka bahagiakan orang lain.

Karena lanjut Prof Fachrurrozie, setiap manusia itu rahmatan lil alamiin.

“Jika tiga ini diamalkan, insyaAllah kita selamat di dunia dan akhirat. Kalau mau jadi pemimpin, ubahlah watak jadi lebih baik. Semoga dengan realisasj dari tiga kunci tadi, kita bersama bisa mewujudkan Unmura sebagai Universitas Negeri Sumatera Silampari,” imbuh Rektor Unmura. (lik)

Rekomendasi Berita