oleh

Pemkab Rejang Lebong Tangani 20 ODGJ

LINGGAU POS ONLINE – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Rejang Lebong saat ini sudah menangani 20 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Informasi ini disampaikan Kepala Dinsos Rejang Lebong, Zulfan Efendi melalui Kabid Rehabilitasi dan Perlindungan, Sosial Edi Wirman.

Dijelaskan Edi, 20 OJGD tersebut terhitung Januari hingga September 2019 ini. Dari 20 ODGJ ini, dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat (RSJKO) Bengkulu dan ada juga yang menjalani perawatan lanjutan di Provinsi Lampung.

Menurutnya, dari 20 OJGD tersebut mayoritas penderita kambuhan dan dari 20 orang, satu diantaranya menjalani perawatan di LKS Lampung. Edi memaparkan, penderita gangguan jiwa tersebar di 15 kecamatan dalam Kabupaten Rejang Lebong.

Rata-rata, penderita gangguan jiwa akibat depresi, keturunan dan faktor lainnya. Dinas Sosial memberikan penanganan dengan memfasilitasi para penderita guna mendapatkan penanganan di RSJKO, termasuk juga kepengurusan BPJS kesehatan khusus ODGJ.

“Penderita gangguan jiwa di semuanya sudah memiliki kartu BPJS kesehatan atau KIS khusus ODGJ sehingga bisa menjalani pengobatan untuk penyembuhan gratis. Mereka saat pertama pembuatan kartu BPJS kesehatan selama 14 hari pertama menjalani perawatan di masing-masing Puskesmas sebelum dirujuk,” paparnya.

Laporan Syamsul Ma’arif

Rekomendasi Berita