oleh

Recycle Ban Bekas Jadi 1.000 Kotak Sampah

EMPAT LAWANG – Akibat kotak sampah banyak yang rusak. Terpaksa sejumlah warga menggunakan karung atau kardus untuk tempat pembuang sampah. Bahkan, tidak sedikit warga buang sampah di tepi jalan, membuat jalan Lintas Tebing Tinggi–Lubuklinggau dipenuhi sampah berserakan.

“Iya, kotak sampah sudah banyak yang rusak dan tidak layak lagi menampung sampah,” ungkap Peri, salah seorang warga saat diwawancara, Minggu (6/1).

Dilanjutkan Peri, sudah selayaknya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang mengadakan kotak sampah baru di Kecamatan Tebing Tinggi ini. Sebab, kotak sampah itu kebutuhan utama. Jika tersedia, juga memudahkan petugas saat mengangkut sampah.

“Kalau tidak ada kotak sampah, ya seperti ini jadinya warga pasti membuang sembarang semua sampah yang ada ini,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Empat Lawang, Munfazir Ghozali melalui Kabid Kebersihan, Arta Ujang membenarkan kotak sampah yang disebar beberapa tahun lalu mulai banyak yang rusak.

Akan tetapi hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan, karena di tahun anggaran 2019 ini, DLH akan mengadakan kotak sampah baru untuk disebar di Kabupaten Empat Lawang.

“Anggarannya Insya Allah akan ada tahun 2019 ini. Sekitar 1.000 kotak sampah yang akan kita buat,” kata Arta Ujang.

Pihaknya akan membuat kotak sampah yang cukup bagus, tapi setelah dihitung-hitung dengan anggaran yang ada ternyata tidak bisa memenuhi kebutuhan yang ada.

“Makanya kita hitung lagi dengan mengubah rencana material yang akan digunakan untuk kotak sampah dan insya Allah kita akan dapat membuat 1.000 kotak sampah baru, berbahan ban kendaraan bekas,” jelasnya.

Menurutnya, jumlah 1.000 sampah itu belum mencukupi kebutuhan kotak sampah masyarakat Empat Lawang ini.

“Melalui dana CSR perusahaan, pengadaan kotak sampah akan ditambah dan ia bersyukur ada beberapa perusahaan yang menyanggupi dan ikut membuat kotak sampah, untuk kebutuhan masyarakat di Kabupaten Empat Lawang ini,” ujarnya. (key)

Rekomendasi Berita