oleh

Realisasi PBB Baru 64,01 %

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Hingga September 2018, penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) 2018 baru tercapai 64,01 persen, dari target penerimaan Rp1.417.172.070. Informasi ini disampaikan Kabid Penagihan Pajak Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Rejang Lebong, Hari Mulyana, Selasa (9/10).

Hari menjelaskan, berakhirnya batas pembayaran PBB 2018 pada 30 September, terhitung 1 Oktober 2018 objek pajak yang membayar pajak PBB akan dikenai denda 2 persen. Masih banyak tunggakan objek pajak PBB tersebar di sejumlah kecamatan dalam Kabupaten Rejang Lebong, dinilai karena masih rendahkan masyarakat untuk membayar pajak PBB yang menjadi kewajibannya.

“Mereka sudah tahu kewajiban membayar pajak, mungkin karena kurang sadarnya membayar pajak, sehingga objek pajak masih banyak tertunggak. Kita sudah mendatangi objek pajak namun ada yang memang belum melakukan pembayaran, karena masih kurangnya kesadaran masyarakat,” akunya.

Ia juga meminta pada perangkat desa dan kelurahan untuk sama-sama memaksimalkan penerimaan PBB.

“Kalau banyak yang belum membayar, tentu akan berpengaruh dengan penerimaan PAD kita di sektor pajak,” katanya.

Saat ini, pihaknya juga terus melakukan jemput bola dengan mendatangi objek pajak yang tertunggak dengan harapan realisasi penerimaan pajak PBB bisa terealisasi 10 persen. Sembari melakukan jemput bola, kata Hari, pihaknya saat ini juga tengah melakukan pendataan ulang terhadap objek pajak tersebar di 15 kecamatan dalam Kabupaten Rejang Lebong.

Meskipun jumlah objek pajak tidak bertambah, namun nilai objek pajak yang harus dibayarkan akan bertambah.

“Mungkin dulu waktu pendataan objek pajak hanya berbentuk tanah saja, mungkin sekarang sudah ada bangunan, sehingga menambah tarif pajak PBB, dengan pendataan objek pajak ini rencana hasilnya akan menjadi acuan dalam menentukan objek dan besaran pajak PBB tahun 2019 mendatang,” tambahnya.

Sementara itu, realisasi pajak sebanyak 64,01 persen tersebar di 15 kecamatan dalam Kabupaten Rejang Lebong hingga bulan September yakni Rp1.439.490.910,00 dari target Rp2.417.172.070,00. (sam)

Rekomendasi Berita